Find Us On Social Media :
Peringati Malam Asyura (Diskominfosta Bangka Tengah)

Bupati Bateng Ikuti Pawai Obor Keliling dan Bagikan Santunan dalam Peringati Malam Asyura

Riska Tri Handayani Selasa, 16 Juli 2024 | 11:12 WIB

SonoraBangka.id - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, mengunjungi Desa Cambai di Kecamatan Namang dan Desa Sungkap, Kecamatan Simpang Katis untuk memperingati malam 10 Muharam 1446 H, pada Senin (15/07/2024) malam.

10 Muharam atau hari Asyura terdapat banyak keistimewaan pada umat Islam karena pada hari Asyura amal kebaikan manusia akan dilipatgandakan begitu juga perbuatan dosa.

Pada peringatan ini, Algafry berbaur bersama-sama dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, serta masyarakat Desa Cambai untuk melaksanakan pawai obor guna memperingati malam Asyura ini.

Dimulai dari lapangan sepak bola Desa Cambai, iring-iringan pawai obor dilanjutkan ke Tempat Pemakaman Umum Desa Cambai dan berakhir di Masjid Al Hidayah Cambai.

Bupati bersama masyarakat lalu berkumpul di Masjid Al Hidayah untuk membaca zikir dan memanjatkan doa bersama, serta mengakhiri acara peringatan malam Asyura dengan ngedulang, atau makan bersama dengan wadah dulang (nampan) yang merupakan budaya khas Kabupaten Bangka Tengah.

Ditemui usai kegiatan, Algafry Rahman mengucapkan terima kasih atas undangan perayaan malam 10 Muharam di Desa Cambai ini.

"Bagi kita, kegiatan seperti ini luar biasa karena di bulan Muharam ini adalah bulan yang memang salah satu diantara dua belas bulan yang disebut sebagai bulan yang istimewa selain bulan Ramadan. Karena banyak peristiwa-peristiwa yang terjadi pada bulan Muharam, salah satunya zikir yang kita panjatkan tadi adalah satu doa yang terjadi di bulan Muharram," ungkapnya.

Orang Nomor Satu di Bangka Tengah ini mengatakan untuk menjadikan peringatan 10 Muharam ini sebagai agenda tahunan dan diperingati dengan nilai budaya masyarakat yang ada di Bangka Tengah.

"Apa yang didapatkan pada malam ini mudah-mudahan di tahun-tahun berikutnya akan lebih semarak lagi. Kita bisa memperingati malam Asyura ini dengan menjaga budaya masyarakat kita di sini seperti pawai obor, dan juga acara ngedulang,” ujar Algafry.

Sebelumnya, Bupati Bateng juga menyempatkan hadir di Masjid An Nur Desa Sungkap untuk memperingati malam 10 Muharam. Di desa ini, Algafry membagikan santunan kepada anak yatim piatu.