Find Us On Social Media :
Adakah manfaat minum kopi dengan ditambahkan gula?(Pexels/Karolina Kaboompics) (KOMPAS.COM)

3 Untuk Manfaat Minum Kopi dengan Gula, Apa Saja?

Oliver Doanatama Siahaan Sabtu, 5 Oktober 2024 | 21:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kopi telah dikaitkan dengan berbagai manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Saat menyesap secangkir kopi, sebagian orang memilih untuk meminumnya tanpa tambahan bahan apa pun. Sementara, beberapa lainnya memilih untuk menambahkan sedikit gula ke dalam minuman pahit ini.

Meskipun kerap menjadi perdebatan terkait kopi tanpa gula yang dianggap lebih bermanfaat dibandingkan dengan menambahkan gula, namun beberapa penelitian mengatakan hal berbeda.

Menurut penelitian yang diterbitkan di European Journal of Preventive Cardiology pada 27 September 2022, minum 2-3 cangkir kopi (dengan gula dan tanpa gula) setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa penyakit, dibandingkan dengan orang yang menghindari kopi sama sekali.

Lantas, apa saja manfaat minum kopi dengan gula?

Manfaat minum kopi dengan gula

1. Panjang umur

Minum kopi setiap hari dapat membantu seseorang untuk hidup lebih lama, terlepas kopi ditambah dengan gula atau tidak.

Penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan, orang yang minum kopi dalam jumlah sedang setiap hari, baik polos atau dimaniskan dengan sekitar satu sendok teh gula, sekitar 30 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal karena penyebab apa pun, dibandingkan dengan peminum non-kopi.

Tapi, hasilnya kurang konsisten untuk orang-orang yang minum kopi dengan pemanis buatan, seperti krimer, sirup, dan lainnya.