Find Us On Social Media :
Ilustrasi kentang kupas (PIXABAY/ Christos Giakkas)

Agar Awet Dalam Jangka Lama , Berikut ini Cara Bekukan Kentang

Julisna Ruswan Selasa, 15 Oktober 2024 | 06:56 WIB

SonoraBangka.id - Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang tahan lama. Dalam suhu ruang, kentang dapat bertahan hingga beberapa minggu. Jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang sejuk dan gelap seperti gudang bawah tanah, umur simpan kentang bisa lebih lama lagi. Namun, jika Anda berencana menyimpan kentang untuk jangka waktu lebih lama, Anda mungkin bertanya-tanya: Bisakah kentang dibekukan?

Bisakah kentang dibekukan?

Jawaban singkatnya adalah, ya, Anda bisa membekukan kentang. Kentang dapat disimpan di dalam freezer. Namun, ada satu hal penting yang perlu diperhatikan:

Anda harus mempersiapkan kentang terlebih dahulu sebelum membekukannya.  Kentang yang masih mentah tidak bisa langsung dimasukkan ke dalam freezer karena saat terkena suhu dingin, pati dalam kentang akan berubah menjadi gula (glukosa dan fruktosa).

Hal ini menyebabkan rasa kentang menjadi manis dan teksturnya lebih kasar, yang tentu saja tidak ideal untuk hidangan seperti kentang tumbuk atau kentang goreng. Kentang juga mengandung banyak air.

Sama seperti bahan makanan lainnya dengan kadar air yang tinggi, siklus beku-pencairan dapat mempengaruhi teksturnya, yang mungkin tidak sesuai dengan harapan Anda untuk hidangan tertentu.

Selain itu, ada kekhawatiran bahwa mendinginkan kentang mentah, kemudian menggorengnya, dapat menciptakan senyawa bernama akrilamida.  Senyawa ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker dalam studi hewan, meskipun hasil penelitian pada manusia masih belum konklusif.

Untungnya, ada solusi mudah untuk mengatasi masalah ini: memasak kentang sebagian atau sepenuhnya sebelum dibekukan. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kentang beku lebih cepat ketika ingin memakannya.

Cara membekukan kentang Walaupun mungkin terdengar merepotkan, membekukan kentang sebenarnya cukup mudah jika Anda mengikuti beberapa langkah sederhana: 

1. Persiapan Kentang