Gubernur Babel Erzaldi Rosman
Gubernur Babel Erzaldi Rosman ( )

Seminar One Gudep One Product, Ajang Motivasi Pramuka Mandiri Ekonomi

13 Mei 2020 19:18 WIB


Bangka.Sonora.id - Gubernur Erzaldi Rosman, Rabu (13/5) memberikan motivasi kepada pramuka se-Babel melalui video conference Smart Class Online Festival Mei 2020 "One Gudep One Product".

"Pertama ada beberapa hal yang ingin disampaikan dalam menghadapi situasi sulit seperti ini, agar semangat seorang pramuka tetap membara di dada dan hati kalian, jangan jadikan ini beban hidup kalian, anggap masalah ini latihan diri kita, jika kita memaknai keliru maka langkah ke depan akan keliru," ungkapnya.

Gubernur Erzaldi juga mengatakan bahwa semangat pramuka sama dengan semangat entrepreneur, seorang pramuka akan teruji mentalnya jika menghadapi masalah, seorang pramuka akan berhasil dalam mengahadapi masalah seperti di masa pandemi Covid-19 ini, karena jiwanya kuat tak jauh beda dengan jiwa entrepreneur.

"Di sini saya ingin memotivasi saja, saya yakin dengan apa yang sudah dilakukan sudah cukup baik, terlebih sekarang sudah mempunyai konsep pemberdayaan ekonomi terpadu. Belajar menjadi seorang pramuka sama halnya belajar tentang kepemimpinan, seorang entrepreneur dalam penggalian ilmunya lebih kepada experience (pengalaman), semakin banyak experience semakin banyak ilmu yang diperoleh," ujarnya.

Di saat pandemi Covid-19 ini, Gubernur Erzaldi menekankan bahwa kita harus menghindari rasa malas dan rasa terus merasa lelah, karena hal itu adalah awal kehancuran.

"Keyword yang harus diingat, ketika kita sudah merasa malas dan lelah, maka seterusnya alam akan membawa kita seperti itu, maka dari itu kita harus banyak bersyukur, karena di bawah kita banyak orang yang masih kekurangan, jiwa-jiwa seperti ini harus ditanam dan dipoles hingga menjadi kebiasaan terus menerus, sehingga menjadi sebuah karakter yang baik yang tertanam dalam diri kita," ungkapnya.

Keyword kedua yang dijelaskan Gubernur Erzaldi yaitu tidak perlu menunjukkan siapa dirimu, yang penting kerja dan berbuat terus, biar orang yang menilai. Orang akan melihat diri kita setelah kita berhasil dan dapat melakukan sesuatu dengan rutinintas kita, tidak perlu memikirkan komentar dan kritik negatif dari orang lain ketika kita berbuat baik, seperti misalnya ketika muncul anggapan pencitraan, menolong orang lain pun perlu mental yang kuat.

"Mumpung masih muda, ayo berbuat sesuatu untuk orang banyak, kebaikan harus dimulai dari sejak dini. Satu hal lagi, jangan pernah menjadikan masalah Covid-19 ini jadi beban dalam hidup kita, selama kita bisa memaknai kehidupan maka target akan tercapai," pungkasnya.

Gubernur Erzaldi mengatakan, hidup adalah perbuatan, siapa yang tidak berbuat berarti dia tidak hidup. Perbuatan adalah perubahan, siapa tidak berbuat berarti tidak berubah, dan keywordnya yang terakhir adalah selalu banyak bersyukur sehingga Allah memberi rejeki tak terduga, salah satu bukti saat ini kita masih diberi kesehatan, tidak terkena Corona, namun juga jangan lengah, tetap lakukan protokol Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kep. Babel Melati Erzaldi yang turut mengikuti vidcon ini menyambut baik kegiatan ini, selain untuk silaturahmi juga untuk saling menyemangati satu sama lain, karena sudah beberapa minggu kita beraktivitas dari rumah.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm