tombol pengunci yang ada tuas transmisi matik
tombol pengunci yang ada tuas transmisi matik ( KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda)

Pahami, Inilah Fungsi Tombol Pengunci Tuas Transmisi Mobil Matik

5 Juni 2020 10:19 WIB

Umumnya, tuas transmisi pada mobil matik, memiliki dua model, yaitu straight (lurus)dan gate (zigzag).

Namun, yang memiliki tombol pengunci pada bagian tuasnya, biasanya hanya pada tuas dengan model straight.

Sedangkan mobil matik yang menggunakan tuas dengan model zigzag, biasanya jarang yang memiliki tombol pengunci.

Lalu, apa fungsi tombol itu sebenarnya?

Anjar Rosjadi selaku Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menyatakan, pada dasarnya tombol pada tuas transmisi itu berfungsi untuk mencegah transmisi berpindah secara tidak sengaja.

“Pengunci tombol tersebut berfungsi sebagai keamanan, untuk menghindari kalau kita tidak sengaja menyenggol tuas tersebut atau tergeser tidak sengaja,” ujar Anjar kepada Kompas.com.

Anjar menambahkan, sedangkan kalau untuk model gate memang jarang yang menggunakan tombol pengunci, karena agak sulit untuk tergeser secara tidak sengaja.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, pernyataan sama.

Ketika transmisi berpindah dari P (Parkir) ke N (Netral), pengemudi harus menekan tuas pengunci tersebut.

“Jika tidak ada pengunci, ketika tuas tidak sengaja tersenggol bisa saja membuat mobil langsung bergerak dan akan berbahaya bagi si pengemudi, penumpang, juga orang yang berada disekitar,” ujar Didi.       

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak yang Belum Paham Fungsi Tombol Pengunci Tuas Transmisi Matik", https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/05/092200415/banyak-yang-belum-paham-fungsi-tombol-pengunci-tuas-transmisi-matik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm