Gir Motor
Gir Motor ( GridOto.com)

Gir Juga Butuh Perhatian, Inilah Waktu Yang Tepat Untuk Menggantinya

5 Juni 2020 15:03 WIB

Sonorabangka.id - Bukan hanya rantai yang perlu diperhatikan, gir motor juga butuh perawatan. Gir dan rantai merupakan satu kesatuan agar keduanya dapat berkerja dengan baik. 

Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Ridwan Arifin, menyampaikan perawatan gir terutama gir belakang tidak sulit, cukup melihat kondisinya apakah sudah aus atau belum.

Dilansir dari Kompas.com, "Untuk bagian gir cukup diperhatikan bagian mata gir. Jika bagian ujung mata gir sudah meruncing, itu berarti gir sudah waktunya diganti," kata Ridwan kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ridwan mengatakan, penggantian gir dan rantai umumnya setiap 25.000 Km. Namun tergantung juga dari cara berkendara.

Makin sering motor diajak melewati jalan rusak makin cepat gir aus. Ridwan mengatakan, umumnya gejala gir dan rantai sudah harus diganti diawali dengan bunyi kasar saat berkendara.

"Suara ini muncul dari bagian rantai. Untuk menghilangkannya, bisa dengan melumasinya kembali atau mengatur keregangannya lagi," katanya.

Jika masih bisa diatur keregangannya dan suara kasar hilang saat dilumasi, berarti rantai masih belum perlu untuk diganti.

Namun, sudah menunjukkan tanda-tanda muncul keausan. "Jika ingin mengganti gir dan rantai, sebaiknya dilakukan bersamaan.

Jangan terpisah, agar performa sistem penggerak tetap optimal," ucap Ridwan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waktu Tepat Mengganti Gir Motor yang Aus", https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/05/104200515/waktu-tepat-mengganti-

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm