Ilustrasi Starter Motor
Ilustrasi Starter Motor ( SonoraBangka.Id/Yudi)

Begini Cara Mengoperasikan Starter Motor dengan Baik dan Benar

11 Juni 2020 14:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Dibandingkan dengan naik mobil, berkendara menggunakan sepeda motor memang lebih fleksibel. Terlebih lagi ketika suasana lalu lintas di jalanan tengah ramai dan rawan terjadi kemacetan.

Namun, ketika mengendarai sepeda motor kadang muncul permasalahan lain, misalnya motor tiba-tiba mati dan mesin tidak mau menyala meskipun sudah berulang kali dicoba.

Untuk menangani mesin sepeda motor yang tidak bisa menyala memang diperlukan kesabaran.

Sebelum memutuskan membawa motor ke bengkel, biasanya pemilik kendaraan seringkali berupaya untuk menyalakan mesinnya sendiri.

Baik menggunakan cara kick starter atau pun dengan electric starter.

Ternyata saat hendak menggunakan electric starter, maka harus dengan cara yang tepat dan tidak boleh asal tekan saja.

Ada pantangan yang harus diikuti oleh pemilik motor agar tidak menimbulkan kerusakan pada komponen motor.

Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang Fachrul Reza, mengatakan, saat menggunakan elektric starter motor, sebaiknya jangan terlalu lama memencetnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm