Petugas keamanan mengenakan masker dan berpelindung wajah saat bertugas di Mal Central Park, Jakarta, Rabu (3/6/2020).
Petugas keamanan mengenakan masker dan berpelindung wajah saat bertugas di Mal Central Park, Jakarta, Rabu (3/6/2020). ( ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Pusat Perbelanjaan Siapkan Protokol Kesehatan Jelang New Normal

12 Juni 2020 15:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Sejumlah pusat perbelanjaan menyiapkan penerapan protokol kesehatan dan fasilitas pendukung jaga jarak fisik (physical distancing) untuk mengantisipasi penerapan tatanan kehidupan baru (new normal).

Salah satunya yaitu Mal Central Park, Jakarta, yang tengah menyiapkan dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Selain itu, pengelola mal juga menyediakan serangkaian fasilitas seperti mesin pembersih tangan otomatis, mesin penjual masker, alat pendeteksi suhu dan stiker penanda jaga jarak.

Persiapan yang sama juga terlihat di 23 Paskal Shopping Center, Bandung, Jawa Barat.

Rabu (3/6/2020) yang lalu, pihak pengelola menggelar simulasi pembukaan pusat perbelanjaan tersebut dalam rangka kesiapan penerapan normal baru.

Simulasi memastikan penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan alat pelindung wajah bagi karyawan, pemakaian masker bagi pengunjung, aturan jaga jarak, dan kegiatan disinfeksi secara intensif.

Seperti diketahui, pusat perbelanjaan/mal dan rumah makan menjadi sektor yang akan dilonggarkan saat suatu wilayah memasuki fase "PSBB proporsional" nanti sebagai transisi menuju new normal.

Pusat perbelanjaan, mal, dan rumah makan akan kembali dibuka namun diwajibkan sesuai protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ragam Persiapan Pusat Perbelanjaan Masuki ''New Normal", https://foto.kompas.com/photo/read/2020/06/04/1591256490a42/ragam.persiapan.pusat.perbelanjaan.masuki.new.normal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm