Ilustrasi Nyamuk aedes aegypti penyebab DBD ( Freepik)
Ilustrasi Nyamuk aedes aegypti penyebab DBD ( Freepik) ( Ist)

IDI Palembang : Gejala DBD Hampir Mirip dengan Gejala Covid - 19

14 Juni 2020 17:36 WIB

SonoraBangka.id - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palembang meminta masyarakat untuk tetap mewaspadai penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD).Hal ini karena gejala yang ditimbulkan DBD hampir mirip dengan gejala Covid-19.

Hal ini diungkapkan, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palembang dr. Zulkhair Ali saat dihubungi Tim Smart Fm Palembang, Selasa (09/06/2020) lalu.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium, gejala yang timbul dari penyakit DBD hampir mirip dengan gejala Covid-19 yakni panas tinggi.

"Gejala yang ditimbulkan DBD hampir mirip dengan Covid-19 yakni panas tinggi. Maka dari itu, kami meminta petugas Rumah Sakit dan masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dan jangan sampai salah mendiagnosis DBD," jelasnya.

Maka dari itu, dirinya meminta masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran DBD dengan tetap melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta menerapkan 3 M yakni menguras, menutup, dan mengubur.

“Dengan menerapkan PHBS dan 3 M diharapkan pencegahan DBD dapat lebih maksimal. Penerapan 3 M yang dimaksud adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah,” jelasnya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Sumatera Selatan yang diterima di Palembang, mencatat 360 kasus DBD selama periode Januari – 26 Mei 2020 di Kota Palembang. Sementara data keseluruhan terdapat 1.703 kasus DBD di Sumsel periode Januari – 26 Mei 2020.

Artikel ini telah tayang di Sonora.id dengan judul IDI Palembang : Gejala DBD Hampir Mirip dengan Gejala Covid - 19

SumberSonora.ID
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm