Gojuchang, Pasta Cabai khas Korea
Gojuchang, Pasta Cabai khas Korea ( Tribun News)

Gojuchang, Pasta Cabai Yang Sering Digunakan Dalam Masakan Khas Korea, Ini Manfaatnya

17 Juni 2020 17:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Untuk anda pecinta makanan khas Korea misalnya seperti tteokbokki, bibimbap, atau ayam goreng berbumbu pedas. Jika diperhatikan ketiga makanan itu menggunakan saus berwarna merah. Saus yang berwarna merah ini lah yang menarik perhatian dan menambah keinginan untuk mencicipi makanan khas Korea ini.

Makanan-makanan itu terbuat dari bumbu bernama gochujang bukan hanya dari saus biasa, Pernahkah anda mendengarnya?  sebagian dari anda mungkin masih asing dengan bumbu khas Korea satu ini. Atau mungkin ada beberapa di antara kamu  yang sudah tau apa itu Gochujang?

Bumbu Korea yang paling populer dan banyak digunakan untuk membuat berbagai masakan ini namanya adalah Gochujang. Bumbu satu ini berasal dari fermentasi beras ketan, bawang putih, pasta kedelai, sirup jagung, dan  juga bubuk cabai. Terlihat mirip dengan pasta cabai, tetapi dengan rasa yang berbeda dan tentunya lebih kaya. Lalu bagaimana cara membuat Gochujang?

Membuat gochujang  sebenarnya terlihat mudah, tapi sebenarnya sedikit sulit.  Rasa gochujang akan berbeda dan tidak terasa enak  jika tidak memakai takaran bahan yang pas, Berbagai daerah memiliki resep dan bahan membuat gochujangnya sendiri. Secara keseluruhan bahan utama yang digunakan adalah beras ketan, bawang putih, pasta kedelai, pemanis, dan bubuk cabai.

Seluruh bahan dicampurkan, setelah itu Gochujang akan diletakkan di dalam tempayan, ditutup, dan dibiarkan di halaman rumah.  Untuk proses fermentasi,  Gochujang akan didiamkan sampai beberapa hari baru bisa dipakai untuk menjadi bumbu masakan.

Selain sebagai  bumbu masakan mengkonsumsi Gochujang ternyata memiliki manfaat . Berikut manfaat yang harus anda ketahui  :

  1. Menyehatkan Usus

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Korean Journal of Food Preservation menemukan jenis gochujang tertentu bisa melindungi terhadap gejala kolitis. Kolitis sendiri adalah peradangan yang terjadi pada usus besar. Kandungan probiotik dalam fermentasi kedelai dikenal untuk memicu bakteri sehat dalam usus untuk meningkatkan kerja sistem pencernaan.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Capsaicin adalah bahan aktif dalam cabai dan dikenal baik untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu membawa racun keluar dari tubuh.

  1. Meningkatkan Energi

Bahan aktif dalam cabai juga dipercaya bisa meningkatkan kecepatan metabolisme dan meningkatkan energi.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Fakta Unik Gojuchang, Pasta Cabai yang Sering Dipakai dalam Masakan Korea, https://www.tribunnews.com/travel/2020/06/16/fakta-unik-gojuchang-pasta-cabai-yang-sering-dipakai-dalam-masakan-korea.

Sumbertribunnews
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm