Mala Hot Pot, makanan ikonik asal Sichuan, China. (Dok. Shutterstock)
Mala Hot Pot, makanan ikonik asal Sichuan, China. (Dok. Shutterstock) ( Kompas.com)

"Hot Pot", Teknik Masak Dari China Untuk Mengolah Bahan Makanan Sisa

17 Juni 2020 19:54 WIB

 

SONORABANGKA.ID - Bingung mau menghabiskkan berbagai bahan makanan sisa, tetapi porsi yang sedikit, anda bisa membuat hot pot. Teknik masak dari China dengan cara membuat sup langsung saat makan atau yang dikenal degan hot pot. Yang dibutuhkan untuk membuat hot pot ini adalah kompor portabel dan panci berukuran cukup besar. Bahan utamanya adalah kuah kaldu, sayur, dan daging. Jenisnya terserah, Isian hot pot sangat sederhana. Bahan makanan apapun bisa anda masak di hot pot.

Membuat hot pot terbilang praktis dan dapat membantu menghabiskan bahan makanan yang sudah lama di kulkas. Berikut tips mengolah bahan makanan sisa jadi hot pot yag dikutip dari Straitimes:

  1. Buat kaldu hot pot

Agar baunya hilang,tulang sapi atau ayam atau ceker ayam direbus lalu dijadikan kaldu.Rebus dahulu tulang sampai air mendidih dan buih dari tulang keluar. Buang air tersebut, baru rebus kembali tulang untuk membuat kaldu.

  1. Hilangkan bau daging

Karena terlalu lama disimpan di freezer,daging merah seperti daging sapi terkadang berbau. Gunakan teknik blanching alias rebus sebentar di air, tiriskan,dan rendam di air es lalu angkat.

    3. Cegah daging udang hancur dimasak

Cara mencegah agar tekstur udang menjadi lembek, baluri udang beku dengan sedikit tepung maizena dan sedikit gula selama satu jam. Hal ini dilakukan karena daging udang yang terlalu lama disimpan di freezer, teksturnya dapat berubah lembek, kemudian Bilas udang sampai bersih.

  1. Hilangkan bau ikan dan seafood

Ikan dan seafood lainnya yang lama disimpan di freezer juga dapat berbau tak sedap ketika dimasak. Cara menghilangkan bau adalah baluri ikan dan seafood lain dengan sedikit cuka dan garam sambil tunggu tak beku. Kemudian bilas bersih.

  1. Buang air kaleng di jamur

Apabila anda menggunakan jamur kalengan, buang air rendaman jamur dan bilas jamur sampai bersih.

  1. Kurangi porsi garam jika menggunakan makanan kaleng

Jika anda memilih untuk menambahkan makanan kaleng seperti kornet, sosisi, atau sarden ke hot pot, berarti kuah kaldu jangan ditambahkan garam terlalu banyak.

  1. Bikin aroma dan bumbu ala restoran

Masak isian hot pot dengan minyak wijen untuk harum ala restoran. Siapkan kecap asin dan cabai rawit cincang serta bawang goreng agar hot pot lebih nikmat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak Bahan Makanan Sisa di Kulkas? Masak Hot Pot Saja ", https://www.kompas.com/food/read/2020/06/17/170900475/banyak-bahan-makanan-sisa-di-kulkas-masak-hot-pot-saja-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm