Kontroler PS 5 & Konsol PS 5
Kontroler PS 5 & Konsol PS 5 ( Sony)

PS 5 Lebih Bagong Dari Seperadiknya PS 3 Dan PS 4, Ini Alasannya

20 Juni 2020 09:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Perusahaan konsol game Sony mengungkapkan wujud konsol game generasi terbarunya, PS5. Meski tak dibeberkan informasi dimensi dan bobotnya, konsol game tersebut tampak lebih bongsor ketimbang generasi sebelumnya, yakni PS3 dan PS4.

Vice President of UX Design PlayStation, Matt MacLaurin, lewat kolom komentar di postingan LinkedIn mengungkap alasan mengapa PS5 harus dirancang dengan ukuran sebesar itu.

 "(Berhubungan dengan) panas, generasi terbaru ini bisa dibilang merupakan komputer kecil," ujar MacLaurin menjawab pertanyaan warganet seputar ukuran PS5, sebagaimana dikutip KompasTekno dari VG247, Jumat (19/6/2020).

Meski (chip) dengan proses fabrikasi 7nm memiliki kinerja pendinginan mumpuni, tenaga yang dihasilkan juga cukup besar," kata MacLaurin.

Ia juga menjelaskan teknologi yang diusung PS5 sendiri memang tergolong baru. Walhasil, konsol tersebut mungkin saja menghasilkan panas berlebih (overheat).

Oleh karena itu, pihak Sony perlu merancang PS5 sedemikian rupa agar tercipta ruang ekstra, bisa jadi berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara untuk meredam panas berlebih.

Meski demikian, ada sejumlah spekulasi yang mengklaim bahwa desain bongsor PS5 disebabkan oleh aksesori yang kemungkinan bakal menyertainya. Salah satunya berupa "cartridge" yang diduga sebagai SSD eksternal.

Diketahui, cartridge yang dirancang oleh desainer Sony, Yujin Morisawa itu sempat dirilis oleh kantor paten Brasil (INPI) pada November tahun lalu.

Kendati demikian, Sony juga belum memastikan keberadaan cartridge tersebut, bisa saja bukan untuk PS5.

Terlepas dari itu, kehadiran PS5 sendiri patut untuk dinanti. Apalagi, konsol tersebut dipastikan bakal dibekali dengan seabrek spesifikasi yang lebih unggul dibanding PS4.

PS5 dijadwalkan akan meluncur pada momen liburan akhir tahun, atau sekitar bulan November hingga Desember. Ada kemungkinan Sony akan membeberkan informasi lanjutan terkait konsol tersebut menjelang peluncurannya. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/19/16020007/bodi-ps5-lebih-bongsor-dari-ps4-dan-ps3-sony-ungkap-alasannya.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm