Mendagri Tito Karnavian mengenakan masker dengan gambar wajahnya sendiri
Mendagri Tito Karnavian mengenakan masker dengan gambar wajahnya sendiri ( Capture Youtube : Kompas TV)

Pemerintah Bakal Gelar Lomba Penurunan Angka Penyebaran Covid-19 Antar Daerah

22 Juni 2020 15:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) RI, Tito Karnavian mengungkapkan, pemerintah RI berencana menggelar lomba menurunkan kurva penyebaran Covid-19 untuk antar daerah.

Menurut Tito, fokus utama lomba ini adalah pada penanganan daerah dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.

"Kami diskusi tadi dengan kepala Gugus Tugas, menteri kesehatan, dan Kementerian keuangan. Mungkin kita akan membuat lomba lain, yaitu lomba pemerintah daerah untuk bisa melandaikan kurva, artinya menekan penyebaran Covid-19," kata Tito dalam konferensi pers di Kantor Kemendagri, Senin (22/6/2020).

Menurut dia, dalam lomba ini, pemerintah daerah bisa melibatkan ahli kesehatan, termasuk ahli epidemiologi di daerah masing-masing sehingga daerah yang tadinya berstatus zona merah Covid-19 bisa menjadi kuning.

"Lalu kuning bisa menjadi hijau, merah bisa menjadi hijau, atau kuning. Nantinya akan ada sejumlah kriteria yang dinilai," kata Tito.

Menurut dia, Kemendagri masih merumuskan teknis lomba bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kemenkes, dan Kemenkeu.

Dalam hal ini, Kemenkeu akan mempersiapkan dana insentif bagi daerah yang nantinya memenangkan lomba.

Setelah itu, Kemendagri akan mengumumkan teknis pelaksanaan lomba, termasuk tahapan dan jadwalnya.

"Kita akan umumkan termasuk timeline-nya, berapa durasi waktu untuk melandaikan, apakah sebulan atau dua bulan mampu melandaikan kurva," ucap Tito.

"Kita harapkan dengan perlombaan ini ada iklim kompetitif antardaerah untuk mempersiapkan tata kehidupan baru yang produktif dan aman dari Covid-19. Agar saling berlomba menurunkan penyebaran, membuat warnanya bisa menjadi hijau tanpa memanipulasi data," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Akan Gelar Lomba Turunkan Angka Penularan Covid-19 Antardaerah", https://nasional.kompas.com/read/2020/06/22/14135911/pemerintah-akan-gelar-lomba-turunkan-angka-penularan-covid-19-antardaerah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm