Tangkapan layar kapal misterius di Aceh
Tangkapan layar kapal misterius di Aceh ( Kompas TV)

Misteri Kapal Kosong di Perairan Aceh, Ikan Membusuk dan Mesin Rusak

24 Juni 2020 19:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebuah kapal kosong tanpa anak buah kapal (ABK), ditemukan oleh tiga nelayan Ulee Lheue, Aceh yang sedang menangkap ikan tuna pada Selasa (16/6/2020) lalu.

Kapal tanpa awak tersebut terombang-ambing di perairan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia yang berjarak 30 mil dari Kepulauan Pulo Ace, Kabupaten Aceh besar.

Salah satu nelayan bernama Apacut  yang menemukan kapal itu kemudian melaporkan ke Panglima Laut Ulhe Lhee Banda Aceh.

Kapal tersebut sempat ditambatkan di Ulee Cot sekitar hutan bakau di Gampong Deah Glumpang, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh.

Saat ditemukan pertama kali, kapal yang terbuat dari fiber tersebut dalam kondisi berantakan. Model kapal tersebut berbeda dengan kapal para nelayan Aceh.

Di lambung kapal tertulis Sea Agle Chalana Boat Yard Rajgama.

Selain tak ada ABK, alat komunikasi dan navigasi juga tidak ditemukan di kapal tersebut. Sedangkan mesin dan alat jaring penangkap ikan, sudah tidak lagi berfungsi.

Tak hanya itu. Di dalam kapal juga ditemukan ikan tangkapan yang sudah mulai membusuk.

“Setelah menerima laporan itu, lalu kami berkoordinasi dengan semua pihak dan meminta kapal nelayan itu bisa menarik kapal yang ditemukan itu menuju pantai. Kini kapal temuan itu sudah ditangani Polisi Air Udara,” kata Sekretaris Panglima Laot Ulhe Lhee Banda Aceh Rizal seoerti dilansir dari Kompas.com, Kamis (18/6/2020).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm