Gubernur Erzaldi Rosman kembali memberikan bantuan bibit lada untuk tiga desa yaitu Desa Rukam, Desa Mancung, dan Desa Bulin Kabupaten Bangka Barat yang berlangsung di Kantor Desa Bulin, Kamis, (25/6).
Gubernur Erzaldi Rosman kembali memberikan bantuan bibit lada untuk tiga desa yaitu Desa Rukam, Desa Mancung, dan Desa Bulin Kabupaten Bangka Barat yang berlangsung di Kantor Desa Bulin, Kamis, (25/6). ( Diskominfo babel)

Gubernur Erzaldi Ajak Tingkatkan Produksi Lada Dengan Ikuti Petunjuk Penyuluh Lapangan

25 Juni 2020 14:06 WIB

SonoraBangka.id -- Pemprov. Kepulauan Babel terus melakukan pengembangan tanaman lada sebagai sektor unggulan di bidang pertanian, untuk peningkatan ekonomi masyarakat di masa mendatang.

Untuk mendorong sektor ini agar dapat berkembang sesuai yang diinginkan, Pemprov. Babel memberikan bantuan bibit lada ke setiap kabupaten yang ada sehingga produksi lada ke depan meningkat.

Hari ini, Gubernur Erzaldi Rosman kembali memberikan bantuan bibit lada untuk tiga desa yaitu Desa Rukam, Desa Mancung, dan Desa Bulin Kabupaten Bangka Barat yang berlangsung di Kantor Desa Bulin, Kamis, (25/6).

Gubernur Erzaldi dalam arahannya mengajak para petani lada agar menggunakan pupuk organik, supaya unsur hara pada tanah tetap terjaga dengan baik, lada pertumbuhan sehat terhindar dari serangan hama dan penyakit sehingga secara otomatis dapat meningkatkan produksi lada.

"Kalau produksi lada meningkat, secara otomatis pendapatan petani meningkat, karena dengan cara seperti ini kita meningkatkan harga lada melalui peningkatan produksi. Sebab, harga lada ini kita tidak bisa mengaturnya sekalipun presiden, karena harga lada ditentukan oleh pasar dunia. Oleh karena itu, kami memberikan bibit gratis beserta pupuk organik. Ini kami lakukan semata-mata meningkatkan pendapatan petani," ungkapnya.

Untuk itu Gubernur Erzaldi Rosman menyarankan kepada petani agar menanam lada yang benar mengikuti Petunjuk Penyuluh Lapangan (PPL), supaya bibit lada ini dapat tumbuh sesuai yang diinginkan.

Di kesempatan yang sama Gubernur Erzaldi mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan Covid -19, supaya masyarakat terhindar dari virus yang mematikan tersebut.

"Corona ini jangan dianggap sepele, kita tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 supaya tidak tertular virus yang sangat berbahaya ini, tetap pakai masker, cuci tangan, jaga jarak," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel, Juaidi menuturkan, yang mendapatkan bantuan bibit lada hari ini untuk beberapa kelompok tani diantaranya Kelompok Tani Bina Karya Desa Rukam sebanyak 16.000 batang bibit lada beserta pupuk organik, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Rukam Berjaya sebanyak 16.000 batang, Kelompok Tani Sepakat Bersama Desa Bulin sebanyak 7.000 batang, Kelompok Tani Wira Usaha Desa Rukam sebanyak 6.750 batang, dan Gapoktan Sinar Melang Desa Mancung sebanyak 17.600 batang bibit lada, beserta pupuk organik, dan trichoderma.

Salah seorang petani penerima bantuan bibit Muhajir mengucapkan terima kasih kepada Pemprov. Babel atas bantuan bibit dan pupuk organik gratis yang dinilai membantu petani dalam bercocok tanam lada.

"Menurut saya Pak Erzaldi sangat memahami petani, terbukti dengan bantuan bibit, ini gratis lagi, kami sangat senang," ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Gubernur Erzaldi Rosman, beberapa orang anggota DPRD Bangka Barat, Kepala Dinas Pertanian Juaidi, camat, kades, dan ketua kelompok tani serta para petani lada yang menerima bantuan bibit lada. 

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm