Sokbreker belakang
Sokbreker belakang ( Kompas.com/Donny)

Sokbreaker Yang Rusak Bisa Menyebabkan Ban Jadi Aus Sebelah

26 Juni 2020 11:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Satu-satunya komponen yang bergesekan langsung dengan aspal adalah ban. Beberapa masalah yang bisa terjadi pada ban yaitu ban bocor, ban habis atau ban aus sebelah di salah satu sisinya.

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, Dodiyanto mengungkapkan, ban yang aus sebelah bukan berarti karena kualitas ban jelek, tapi bisa karena masalah di suspensi.

Dodi pun menuturkan, untuk sepeda motor yang masih pakai supensi belakang model ganda kanan-kiri, ban aus sebelah terutama ban belakang bisa terjadi karena salah satu sokbreaker tidak berfungsi alias mati.

"Kita (IRC) pernah melakukan pengetesan pakai motor bebek. Salah satu suspensi kita buat mati. Hasilnya yang bagian mati yang mati lebih cepat habis. Jadi suspensi memang salah satu faktornya," ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain masalah suspensi, faktor lain kata Dodi ialah faktor lain karena pengendara sering berpergian padahal ban kurang tekanan angin.

"Bisa juga angin kempis tapi dihajar terus," katanya.

Adapun faktor lainnya yaitu mengenai kembangan ban. Meski ada, tapi tergolong jarang. Dodi mengatakan, pola tapak ban mungkin saja berpengaruh pada tingkat keausan ban, tapi jarang ditemukan.

"Kita pernah temukan partern juga berpengaruh. Abisnya ban tidak rata. Tapi kalau IRC kemunginan tidak, sebab kita kan ada tes pemakaian langsung, jadi dilihat," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sokbreaker Rusak Bisa Bikin Ban Aus Sebelah", https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/25/152100315/sokbreaker-rusak-bisa-bikin-ban-aus-sebelah.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm