SkinnyIndonesian24 saat mengunjungi kediaman Presiden Jokowi
SkinnyIndonesian24 saat mengunjungi kediaman Presiden Jokowi ( Youtube SkinnyIndonesian24)

Youtuber Jovial Da Lopez dan Andovi Da Lopez Umumkan SkinnyIndonesian24 Pamit Tahun 2021

27 Juni 2020 12:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Kanal YouTube SkinnyIndonesian24 yang digagas oleh kaka beradik Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez membuat pengumuman akan segera pamit.

"Dari 24 Juni 2020 sampai 24 Juni 2021 akan menjadi tahun terakhir SkinnyIndonesian24 di YouTube. 24 Juni 2011 adalah tanggal di mana gue membuat channel YouTube tersebut (SI24) di India," kata Andovi, dikutip dari YouTube, Jumat (26/6/2020).

Maka 2021 nanti kanal YouTube tersebut genap berusia 10 tahun.

Jovial mengatakan mereka mengumumkannya sekarang karena sesuai dengan panutan mereka, pebasket dunia Kobe Bryant.

Dulu Kobe Bryant juga memberi pengumuman akan gantung sepatu satu tahun sebelumnya.

Ini sekaligus memotivasi mereka untuk membuat karya-karya yang semakin baik selama satu tahun ke depan.

Andovi menegaskan meski mereka tidak lagi akan memperpanjang isi kontennya tahun depan, bukan berarti mereka berantem.

"Sebagian alasan gue adalah, gue mau menempuh jalan gue sendiri. Tapi bukan berarti kalau gue sama Jovial musuhan. Jelas-jelas kita enggak musuhan, kita kakak adik," jelas Andovi.

Andovi yang kinj berusia 26 tahun dan Jovial 24 tahun mengaku telah menjadi dewasa yang memiliki kehidupan berbeda.

Sementara alasan pribadi Jovial ialah terkait dengan sistem YouTube sekarang.

"Enggak tau ya mungkin ini sedikit egois, cuma gue rasa penghargaannya untuk energi yang kita keluarkan itu enggak ada," ujar Jovial.

Melihat sistem YouTube saat ini, Jovial beropini bahwa "penghargaan" diberikan kepada aspek yang memiliki perhitungan angka, padahal kualitasnya belim tentu bagus.

"Kalau kita ngomong dalam sistem yang disukai oleh brand dan orang-orang banyak duit adalah views, subscribers, likes, comments. Penghargaan itu diberikan ke channel atau konten yang isinya bagi gue bukan konten-konten terbaik," ucap Jovial.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "YouTuber SkinnyIndonesian24 Umumkan Pamit Tahun 2021", https://www.kompas.com/hype/read/2020/06/26/194133566/youtuber-skinnyindonesian24-umumkan-pamit-tahun-2021.

SumberKOMPAS.com
PenulisAnas Fadly
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm