Ilustrasi ilustrasi Orak-arik Telur dan Kol
Ilustrasi ilustrasi Orak-arik Telur dan Kol ( (Ikhsan Prabowo Hadi / shutterstock) i)

Selain Mudah Dan Bergizi, Orak-arik Telur dan Kol Cocok Untuk Menu Akhir Bulan

27 Juni 2020 15:46 WIB

SonoraBangka.id  - Akhir bulan kerap membuat  bingung mau makan  atau  masak apa untuk disantap.  Persedian bahan masakan yang menipis juga , terkadang membuat  harus memutar otak untuk mengkreasikan agar bisa mengolah bahan yang ada menjadi hidangan yang enak dan juga bergizi dan tentunya tidak menguras kantong karena akhir bulan.

Nah, jika anda cuma punya persediaan telur dan kol di rumah?  Tenang saja, anda  bisa memasaknya menjadi Orak-arik Telur dan Kol yang nikmat. Selain memanfaatkan persediaan bahan makanan, hidangan ini juga mudah dibuat dan bergizi.

Anda bisa mencontek resep orak-arik telur dan kol  buku "26 Resep Masakan Untuk Anak Kos" (2013) oleh Dapur Aliza yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama,  Berikut resep orak-arik telur dan kol  yang bisa anda coba di rumah.

Bahan Orak-arik Telur dan Kol:

  • 2 butir telur
  • 3 siung bawang putih, yang sudah dicincang
  • 1/4 atau (250 gram) kol, iris tipis dengan bentuk memanjang
  • 2 buah wortel, sudah dipotong-potong bentuk koreng api
  • 50 ml air
  • 3 lembar kucai, potong-potong 1cm
  • 1/2 sendok teh (sdt) garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 2 sendok makan (sdm) minyak goring

Cara membuat Orak-arik Telur dan Kol :

  1. Langkah pertama masak telur dengan cara diorak-arik kemudian sisishkan. Selanjutnya panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan sayuran, antara lain kol, wortel, dan air. Aduk hingga sayur layu. Kemudian masukkan kucai, orak-arik telur, garam, merica, dan gula pasir. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Jika sudah angkat kemudian sajikan. Orak-arik Telur dan Kol cocok disantap dengan nasi hangat.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Akhir Bulan untuk Anak Kos, Orak-arik Telur dan Kol", https://www.kompas.com/food/read/2020/06/27/111800575/resep-akhir-bulan-untuk-anak-kos-orak-arik-telur-dan-kol.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm