Ilustrasi Fuyunghai
Ilustrasi Fuyunghai ( SHUTTERSTOCK/TEDI WICAKSONO )

Resep Fuyunghai Jamur, Masakan Tionghoa Yang Mirip Telur Dadar

29 Juni 2020 20:56 WIB

SonoraBangka.id - Bagi anda atau anak kos yang sedang mencari inspirasi untuk membuat hidangan yang sehat dan nikmat? Anda bisa mencoba membuat Fuyunghai. Puyonghai atau biasa disebut juga dengan fu yong hai atau fu yung hai adalah masakan Tionghoa yang dibuat dari telur yang didadar dengan campuran berupa sayuran, daging, atau makanan laut. Fuyunghai  juga disajikan dengan saus khas. Pada dasarnya fuyunghai mirip dengan telur dadar.

Membuat fuyunghai caranya ternyata  cukup mudah, bahan-bahannya pun tidak  sulit untuk dicari. Berikut ini anda bisa mencoba resep fuyunghai jamur dari buku "26 Resep Masakan Untuk Anak Kos" (2013) oleh Dapur Aliza yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama yang bisa jadi pilihan untuk anda  yang ingin membuat nya di rumah.


Resep fuyunghai jamur

Bahan

  • 1 siung bawang putih, memarkan, cincang halus
  • 5 buah jamur shitake, iris kasar
  • 10 buah jamur merang, iris kasar
  • 1 batang daun bawang, iris kasar
  • 4 butir telur ayam, kocok
  • ½ sendok makan tepung terigu
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • 1 sendok makan margarine

Cara membuat fuyungnyai jamur

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum.
  2. Masukkan jamur shitake, jamur merang, dan daun bawang, tumis hingga layu. Angkat dan sisihkan di dalam mangkuk.
  3. Masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam mangkuk. Tambahkan tepung terigu, merica, dan garam ke dalamnya, aduk hingga rata.
  4. Panaskan margarin di dalam wajan. Jika sudah panas, masukkan adonan telur dan tumis jamur. 5. Masak fuyunghai di kedua sisinya sampai kering dan matang. Angkat lalu sisihkan.
  5. Untuk membuat sausnya, campur semua bahan saus jadi satu lalu masak sambil terus diaduk sampai mendidih dan mengental.
  6. Sajikan fuyunghai bersama saus tersebut selagi panas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Fuyunghai Jamur, Kreasi Masakan Sehat dan Murah ala Anak Kos", https://www.kompas.com/food/read/2020/06/29/180800575/resep-fuyunghai-jamur-kreasi-masakan-sehat-dan-murah-ala-anak-kos?page=all#page2.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm