Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Ratusan Nama Pegawai Pemprov Babel Bocor ke Medsos Sebelum Dilantik

1 Juli 2020 08:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Ratusan nama calon pegawai yang akan dilantik bocor dan viral di medsos (media sosial) sebelum proses pelantikan dilakukan. 

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah kesal dengan insiden bocornya nama-nama pegawai yang akan dilantik.

Abdul Fatah mengungkapkan, pelaku yang membocorkan nama-nama itu dinilai tidak memiliki etika dan perlu ditindak agar mendapatkan efek jera.

"Ini tidak dapat ditoleransi. Nama-nama itu sudah diviralkan di media sosial, padahal belum dilakukan pelantikan," ujar Abdul Fatah di Kantor Gubernur, Senin (29/6/2020).

Menurut Abdul Fatah, kasus ini perlu diselidiki. Bahkan sanksi berupa pemindahan tugas dan teguran bisa diberlakukan bagi pelaku.

"Kami melakukan mutasi secara profesional dan berdasarkan kajian. Jika dibawa ke media sosial, ini gampang dipolitisi, bahkan dimainkan orang yang tidak bertanggung jawab," kata Wakil Gubernur Kep. Babel.

Adapun Pemprov Kepulauan Bangka Belitung secara resmi mennggelar mutasi dan pelantikan terhadap 218 pegawai. Mutasi itu terdiri dari rumpun jabatan tinggi pratama, administrator, pengawas dan jabatan fungsional.

Saat pelantikan digelar di Kantor Gubernur, nama-nama pejabat disebutkan satu per satu.

Abdul memastikan bahwa proses pelantikan dan pengangkatan merujuk pada arahan presiden dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi.

Secara bertahap hingga Desember 2020, posisi jabatan eselon III dan IV akan dihilangkan, sehingga cukup banyak pegawai yang kehilangan jabatan dan dipindahkan menjadi tenaga fungsional.

Anggota DPRD Kepulauan Bangka Belitung Algafry Rahman mengaku telah menerima sejumlah aduan dari pegawai yang kehilangan jabatan.

"Banyak yang bertanya-tanya karena tiba-tiba non-job. Apa kriterianya sehingga mereka merasa gelisah dan terzolimi?" ujar Algafry.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nama Ratusan Pegawai Pemprov Babel yang Akan Dilantik Bocor ke Medsos", https://regional.kompas.com/read/2020/06/30/13190351/nama-ratusan-pegawai-pemprov-babel-yang-akan-dilantik-bocor-ke-medsos.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm