Ilustrasi espreso ditambah foam susu
Ilustrasi espreso ditambah foam susu ( SHUTTERSTOCK/MANITPHOTO )

Kenali 4 Langkah Membuat Foam Susu, Kunci Ngopi Ala Kafe Di Rumah

1 Juli 2020 20:39 WIB

SonoraBnagka.id - Mau ngopi ala café  tapi mager mau  keluar rumah? Tak perlu khawatir, Saat ingin menikmati cappuccino enak ala kafe anda  tetap dapat ngopi ala kafe di rumah saja. Cukup dengan menyiapkan  kopi instan tanpa gula, air panas, dan susu cair

Ciri khas cappucino ala kafe terletak pada foam susu yang bikin rasa makin enak.  Lantas bisakah bikin foam susu jika tak punya mesin espreso? Jawabannya adalah bisa. Menurut Co-founder Smoking Barrels Craft Coffee Joni Lima, foam akan terbentuk saat udara masuk ke dalam susu segar. Salah satu caranya pakai steam wand pada mesin espreso. Berikut  ini Kompas.com  merangkum 4 cara bikin foam susu  yang bisa anda coba di rumah

1. Milk frother

Berbentuk seperti stik, biasanya ada tombol untuk mengaktifkan alat pemutar di bagian bawah yang berguna untuk mengocok susu. Tuangkan susu pada gelas, sebaiknya tidak terlalu penuh untuk menghindari tumpah. Masukkan milk frother, sampai sedikit di bawah permukaan susu. Baru hidupkan milk frother. Sesuaikan posisi milk frother supaya susu tidak tumpah dan busa terbentuk dengan pas.

2. French press


French press umumnya dipakai untuk membuat kopi. Selain itu, alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foam susu. Caranya, masukkan susu ke dalam french press, tidak usah terlalu penuh. Tutup, dan gerakkan plunger ke atas-bawah dengan gerakan agak cepat. Lakukan sampai terbentuk foam susu.

3. Shaker

Selain itu kamu bisa menggunakan shaker, ada yang terbuat dari stainless steel dan plastik. Cukup masukkan susu kedalam shaker, tambahkan es batu secukupnya. Kocok sampai muncul busa.

4. Balloon whisk

Tak punya peralatan yang biasa ada di kafe? Tenang saja, coba ke dapur. Siapa tahu ada ballon whisk alias kocokan telur manual. Alat yang biasa dipakai untuk bikin kue ini pun berguna menghasilkan foam susu. Kocok susu selama lebih kurang 5 menit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Bikin Foam Susu Tanpa Mesin, Bekal buat Cappuccino ala Kafe", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/01/190900475/4-cara-bikin-foam-susu-tanpa-mesin-bekal-buat-cappuccino-ala-kafe?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm