Livery yang paling populer yang pernah digunakan Valentino Rossi(MotoGP)
Livery yang paling populer yang pernah digunakan Valentino Rossi(MotoGP) ( kompas.com)

Rossi Pernah Terlintas Ingin Pensiun dari Balapan Moto GP

2 Juli 2020 16:34 WIB

SonoraBangka.id - Valentino Rossi atau The Doctor pernah terlintas ingin pensiun pada 2013, Jauh sebelum gonjang-ganjing nasib Valentino Rossi apakah akan pensiun atau bergabung dengan Petronas Yamaha SRT tahun depan. 

Awal mula Kejadian itu di tahun kedua Rossi saat bersama Ducati. Rossi hijrah dari Yamaha pada akhir 2010, setelah itu membalap untuk Ducati selama dua musim 2011-2012 sebelum pindah lagi ke Yamaha.

Baca Juga: Jadwal Terbaru Moto GP 2020 Yang Sempat Ditunda Akibat Covid-19

Di musim 2012 Rossi sangat kesulitan. Musim itu Ducati memutuskan memakai sasis alumunium twin-spar seperti pabrikan lain, menggantikan rangka karbon sebelumnya yang sulit dikendalikan.

"Sayangnya itu sangat sulit, terutama pada awal 2012 kami memiliki banyak harapan karena musim 2011 sangat buruk. Pada 2012 kami punya motor baru, kami berharap bisa bersaing. Tapi sayangnya, 2012 juga sangat, sangat sulit," kata Rossi mengutip Crash.net, Kamis (2/7/2020).

Akhirnya Rossi pun sadar dia kehilangan taji saat balapan. Belum podium adalah tekanan buat pebalap. Rossi ingin keluar dari Ducati, Namun kemudian terpikir bakal pensiun pada 2013 jika tidak ada tempat di tim lain.

"Pada saat itu saya berpikir pensiun, karena Yamaha mengatakan mereka tidak punya tempat untuk saya. Jadi momen itu sangat sulit, saya pikir jika saya tidak bisa kembali ke Yamaha saya akan berhenti dan menyelesaikan karir saya," kata Rossi.

Beruntung buat Rossi penggantinya di Yamaha yakni Ben Spies kurang cepat beradaptasi. Tak perlu waktu lama, tim pabrikan Yamaha membuka pintu paddock lagi buat Rossi untuk kedua kalinya. Kembali ke Yamaha pada 2013 tidak mudah.

Baca Juga: Kejurnas balap motor untuk tiga kategori, yaitu Drag Bike, Motocross dan Motoprix ditiadakan IMI

Adapun Musuh lama Rossi sekaligus rekannya Jorge Lorenzo semakin tajam sejak dia hijrah ke Ducati. Kemudian di Tim Repsol Honda punya ''young guns'' yang menjanjikan Marc Marquez, kala itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rossi Sebetulnya Sudah Siap Pensiun, Tapi Batal", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/02/074200715/rossi-sebetulnya-sudah-siap-pensiun-tapi-batal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm