Ilustrasi
Ilustrasi ( Copyright shutterstock.com/g/wayhome)

Nafsu Makan Meningkat Karena Stres? Ini Cara Mengatasinya

2 Juli 2020 18:49 WIB

SonoraBangka.id - Nafsu makan memang seringkali meningkat saat pikiran dipenuhi oleh tekanan. Menurut psikolog dari Cleveland Clinic, Susan Albers, stres dan peningkatan nafsu makan memang saling berkaitan. Pada beberapa orang, stres menyebabkan mereka mengabaikan isyarat lapar dan mengalami penurunan nafsu makan. Sebaliknya, ada pula yang justru makan berlebihan saat stres melanda, saat stres melanda, tak heran banyak orang melampiaskannya dengan makan berlebihan.


Otak mengirimkan isyarat ke tubuh kita ketika kita merasa stres. Hal itu bagian dari respons "Fight atau flight" yang membantu menghadapi ancaman yang dirasakan di lingkungan. "Mereka yang mengalami penurunan nafsu makan sangat fokus dengan stres yang mereka rasakan hingga mengabaikan isyarat lapar. Sebaliknya, orang yang makan berlebihan menjadikan makanan sebagai pelampiasan," ucap Albers.

Saat stres melanda, hormon kostrisol atau hormon stres meningkat. Peningkatan hormon ini membuat kita mendambakan makanan manis, asin, dan berlemak. Hal ini disebabkan karena otak berpikir membutuhkan bahan bakar untuk melawan segala ancaman yang menyebabkan stres. Tak hanya mempengaruhi nafu makan, riset juga menunjukan adanya pengaruh stres pada metabolisme. Menurut para ahli, stres bisa memicu perlambatan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih sedikit. Hal ini bisa mengarah pada peningkatan berat badan.

Cara mengatasi

Menurut Albers cara terbaik untuk mengatasi nafsu makan yang tinggi karena stres adalah meningkatkan kewaspadaan terhadap pemicunya. Setelah itu, kita harus berusaha sekuat mungkin untuk melawan dorongan makan tersebut. "Jika Anda mengalami peningkatan nafsu makan karena stres, kenali pemicunya dan bersiaplah untuk melawannya," ucap Albers. Kita juga bisa membekali diri dengan menyiapkan camilan sehat sehingga apa yang kita konsumsi tidak memberi dampak buruk pada tubuh.

Cara ini juga membantu untuk mengontrol gula darah kita agar tubuh dan emosi kita lebih stabil. Selain itu, kita juga bisa melakukan teknik relaksasi seperti melakukan meditasi dan menarik napas dalam-dalam. Olahraga teratur dan tidur yang cukup juga membantu kita untuk mengatasi stres.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Stres Membuat Nafsu Makan Meningkat?", https://health.kompas.com/read/2020/07/02/120400868/mengapa-stres-membuat-nafsu-makan-meningkat-?page=all#page2.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm