Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Tiga Langkah Menyimpan Bumbu Dapur Dengan Benar Agar Tahan Lama

4 Juli 2020 13:25 WIB

SonoraBangka.id - Bumbu dapur merupakan kunci dari kelezatan suatu masakan. Bumbu dapur adalah tanaman beraroma yang ditambahkan pada masakan yang bertujuan untuk menyedapkan atau membangkitkan selera makanan. Bumbu memiliki sifat basah, sehingga tidak dapat bertahan atau disimpan lama meskipun awet tidak disimpan di kulkas tetapi mudah berjamur jika disimpan dengan tidak benar.

Banyak  orang yang membeli bumbu dapur atau empon-empon untuk membuat minuman saat masa pandemi seperti sekarang ini  atau  sekedar sebagai persedian agar tidak terlalu sering ke luar rumah  untuk berbelanja bumbu. Ada cara untuk menyimpan bumbu dapur agar awet dan tak mudah berjamur seperti berikut ini dikutip dari Sajian Sedap:

1. Simpan di wadah terbuka

Banyak orang menyimpan bumbu dapur di wadah tertutup. Padahal, wadah tertutup justru membuat bumbu dapur cepat tumbuh jamur karena lembab. Simpanlah bumbu dapur di wadah terbuka seperti di besek atau keranjang bambu.

2. Jangan kena panas langsung

Pastikan untuk menjauhi bumbu dapur dari panas, misalnya dari panas matahari atau microwave. Bumbu dapur sensitif dengan panas, kesegaran dan aromanya bisa cepat menurun jika terkena panas.

3. Simpan di kulkas, tetapi tidak untuk bawang dan rempah-rempah

Bumbu dapur rimpang, batang, dan daun seperti jahe, kunyit, lengkuas, serai, daun jeruk, daun salam boleh disimpan di kulkas. Namun bawang-bawangan tidak boleh disimpan di kulkas karena dapat mengubah tekstur dan cepat berjamur. Tak cuma bawang-bawangan, rempah rempah seperti pala, ketumbar, jinten, dan merica juga tidak boleh disimpan di kulkas karena akan mudah berjamur dan menyerap bau kulkas.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Bumbu Dapur agar Awet Tak Berjamur", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/04/080600275/cara-simpan-bumbu-dapur-agar-awet-tak-berjamur.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm