Ilustrasi
Ilustrasi ( Dok. Shutterstock )

Tips Rahasia Kelezatan Bakmi Ayam Ada Pada Komponen Pelengkapnya

4 Juli 2020 14:03 WIB

SonoraBangka.id - Bakmi ayam adalah  kuliner yang berasal dari China terbilang mudah dibuat dan banyak di jual. Hampir disetiap daerah kita bisa menemukan kuliner satu ini. Bakmi bisa jadi menu makan  anda bersama keluarga yang bisa dibikin sendiri di rumah.

Agar  bakmi ayam bikinan sendiri terasa makin enak, anda bisa mengikuti  tips dari Executive Chef di APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant Stefu Santoso. Rahasia kelezatan bakmi ini terletak pada semua komponennya, mulai dari minyak sampai toppingnya.

Minyak

Menurut Chef Stefu, rahasia kelezatan bakmi terletak pada minyaknya. biasanya menggunakan minyak ayam atau bawang. Cara bikin minyak ayam cukup sederhana, panasi atau goreng kulit ayam. Sementara itu, untuk menghasilkan minyak bawang dengan menggoreng bawang merah dan putih dalam jumlah banyak. Kemudian minyak ditambah msg dan kecap asin, lalu dicampurkan dengan mi. Selain supaya mi tidak lengket, penggunaan minyak ayam dan bawang juga memberikan rasa dan aroma yang khas pada bakmi.

Kaldu

Tak lupa, kuah kaldu yang tepat juga bikin rasa bakmi ayam lebih mantap. Caranya cukup dengan merebus ayam. Kalau bisa pakai ayam kampung, supaya terasa semakin lezat. Setelah itu, masukkan mi ke dalam mangkuk, siram dengan kuah kaldu. Tambahkan daun bawang, pangsit, dan bakso.

Topping

Topping bakmi biasanya daging ayam dan atau daging sapi. Bisa dicincang kasar maupun disuwir. Selain untuk kuah kaldu, ayam kampung yang telah direbus bisa dipakai sebagai topping. Bikin rasa bakmi lebih nikmat. Namun kalau dirasa terlalu mahal, gunakan ayam biasa. Selain direbus dan diberi kecap, ayam cincang untuk topping bakmi juga bisa dimasak dengan campuran rempah. Misalnya dengan kunyit dan daun jeruk, lalu ditambah kecap. "Variannya sangat beragam, tapi yang tradisional masih agak Chinesse yang adatnya masih kuat itu ayamnya direbus. Air rebusan yang gurih itu bisa jadi kuah. Kemudian daging ayamnya dipotong-potong mau dada apa paha jadi topping," jelas Stefu.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rahasia Kelezatan Bakmi Ayam, dari Bikin Minyak Khas sampai Topping", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/02/192500075/rahasia-kelezatan-bakmi-ayam-dari-bikin-minyak-khas-sampai-topping?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm