Ilustrasi berkendara saat hujan.(Larmoyeux & Bone)
Ilustrasi berkendara saat hujan.(Larmoyeux & Bone) ( kompas.com)

Ada 5 Komponen Pada Mobil Yang Butuh Perhatian Ekstra Saat Musim Hujan

4 Juli 2020 18:00 WIB

SonoraBangka.ID - Sebagian Wilayah di Indonesia sudah mulai diguyuri hujan. Untuk tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman, ada beberapa komponen pada mobil yang butuh perhatian ekstra.

Karena, Kalau lalai atau diabaikan, komponen yang tidak bekerja sebagaimana mestinya tidak hanya dapat mencelakakan diri sendiri, tapi juga pengguna jalan lainnya.

Dikatakan Nurrahman Adi Saputra, Selaku Kepala Bengkel Auto2000 Lampung Raden Intan, setidaknya ada lima bagian yang harus baik kondisinya.

"Pertama dan yang terpenting adalah karet wiper. Pastikan kemampuannya meyapu air dari kaca sangat baik, dan sebaiknya diganti segera mungkin ketika sudah tidak sempurna lagi. Lebih dari itu, bila kondisi karet sudah tidak baik, bisa merusak kaca karena gesekan," kata Nurrahman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Yang Kedua, Ditambakan Nurahman , perhatikan kaca yang berjamur. Kaca perlu dirawat dan dibersihkan segera, supaya pandangan jelas ketika berkendara di saat hujan. Visibilitas yang baik tentunya dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

"Ketiga, komponen rem juga bisa menjadi perhatian, karena bila tak bagus performanya, terkadang suka terjadi gejala nyelonong yang tentu akan membahayakan. Jadi, butuh pembersihan dan perawatan," kata Nurrahman.

Keempat, pastikan kondisi lampu-lampu pada mobil bekerja dengan normal. Jika terjadi hujan deras saat di jalan, pengendara lain dapat mengetahui keberadaan mobil kita.

"Kelima, yang tak kalah pentingnya adalah kembangan ban. Apabila sudah botak sebaiknya dilakukan penggantian," kata Nurrahman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perhatikan 5 Komponen Krusial pada Mobil Saat Musim Hujan", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/04/132200315/perhatikan-5-komponen-krusial-pada-mobil-saat-musim-hujan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm