Ilustrasi Sambal Matah
Ilustrasi Sambal Matah ( foto : craftlog.com )

Sambal Matah Tahan Selama Satu Minggu, Begini Cara Menyimpannya.

5 Juli 2020 14:55 WIB

SonoraBangka.id - Indonesia terkenal punya sambal khas dari berbagai daerah, Tak jarang makan tanpa sambal rasanya kurang  pas. Bali adalah salah satu daerah yang terkenal akan sambalnya. Salah satu sambal khas Bali yang terkenal adalah matah, terdiri dari bawang merah, serai, cabai rawit merah, terasi, dan daun jeruk. Semuanya mentah dan hanya dirajang, lalu disiram dengan minyak kelapa panas.

seperti disampaikan oleh Chef Arosa Hotel Bintaro Jakarta Erwin Hidayat,  Agar  rasa dan tampilan sambal matah terlihat lebih segar, anda bisa merendam dulu di dalam air es,  Apabila bikin sambal matah dalam jumlah banyak untuk beberapa hari, sebaiknya disimpan dalam kulkas.

Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto menerangkan cara menyimpan sambal matah supaya bisa awet sampai sekitar satu minggu. Kalau sambal matah sudah dingin setelah dimasak, bungkus pakai plastic wrap lalu masukkan ke dalam kulkas.

Sebaiknya simpan sambal matah di kulkas area dalam. Usahakan tidak diletakkan di bagian yang mudah terpapar angin dari luar, seperti pintu kulkas. Jika ingin mengonsumsi sambal matah yang sudah disimpan dalam kulkas, cukup panaskan sebelum disantap. Sambal matah  pun dapat dinikmati bersama ayam betutu dan atau nasi Bali.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Tepat Simpan Sambal Matah, Biar Awet sampai Seminggu", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/05/081800375/cara-tepat-simpan-sambal-matah-biar-awet-sampai-seminggu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm