Ilustrasi boba yang sedang dimasak
Ilustrasi boba yang sedang dimasak ( SHUTTERSTOCK/MOB_PHOTO )

Ungkapan " QQ" Atau "Q" Menandakan Tingkat Masak Sempurna Boba

5 Juli 2020 20:17 WIB

SonoraBangka.id - Semakin banyak merek bubble tea luar negeri yang membuka gerai di Indonesia. Membuat demam bubble tea belum berakhir di Indonesia. Sekitar dua tahun belakangan, rasa boba milk brown sugar menjadi tren.  Dua komponen yang  menjadi penentu kenikmatan bubble tea. Yang isiannya tak lain adalah susu dan boba atau bola tapioka yang dimasak dengan brown sugar. Namun yang paling utama dan sering menjadi perhatian adalah boba atau bola tapioka. Di dunia bubble tea, ada ungkapan " QQ" atau "Q" yang menandakan tingkat masak sempurna boba. Apakah itu?

Perlu diketahui kualitas minuman boba diukur dari seberapa banyak daya kenyal yang dihasilkan dari sebuah boba hitam. Seperti gagasan Italia tentang al dente untuk kematangan kenyal dari suatu pasta, konsep Q sulit untuk digambarkan dan diracik. Boba dengan faktor Q yang tepat tidak terlalu lunak atau terlalu kenyal, tetapi memiliki jumlah gigitan yang tepat untuk menikmatinya.

Dikutip dari Eatthis.com, boba yang baik juga harus memberikan pengalaman rasa yang menarik untuk penikmatnya. Ketika boba dimasak terlalu matang, teksturnya akan berubah menjadi sangat lembek. Tak jarang boba setelah dimasak langsung dimasukkan ke pendingin agar teksturnya dapat kenyal.  Selain menjadi terlampau lembut. Boba juga tidak boleh dimasak kurang matang karena bahan dasar boba yang berasal dari tapioka.

Boba tak matang bukan cuma tak enak

Tapioka berasal dari tanaman singkong yang menghasilkan getah yang beracun dan untuk menghilangkannya perlu proses memasak yang mencukupi. Efek samping dari boba yang kurang matang adalah sakit kepala, mual, muntah, dan bahkan kelumpuhan. Boba yang kurang matang juga akan bertekstur renyah dan keras.

Boba yang baik harusnya tidak lengket satu sama lain. Teksturnya kenyal tetapi tetap mudah untuk dikunyah. Boba yang baik bentuknya benar-benar bulat dan mudah bergerak saat diaduk. Ini juga yang menjadi alasan mengapa gerai bubble tea, khususnya di Taiwan banyak menuliskan embel-embel "Q" atau "QQ" untuk marketing yang menunjukkan kesempurnaan masak boba.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu QQ, Tingkat Kematangan Sempurna Pada Boba?", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/05/150700075/apa-itu-qq-tingkat-kematangan-sempurna-pada-boba-?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm