Presiden mengikuti acara Pembukaan Konferensi FRI, Sabtu (4/7/2020), dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat.
Presiden mengikuti acara Pembukaan Konferensi FRI, Sabtu (4/7/2020), dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat. ( BPMI)

Inilah 4 Arahan Presiden Jokowi Untuk Forum Rektor Indonesia

5 Juli 2020 20:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden Joko Widodo membuka secara resmi acara Konferensi Virtual Forum Rektor Indonesia (FRI) dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/7/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan arahan kepada Forum Rektor Indonesia.

Ada empat arahan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, yakni sebagai berikut:

Pertama, Presiden mengajak FRI jangan hanya menjadi forum komunikasi, namun harus dikemas menjadi forum saling peduli, forum saling berbagi, yaitu yang mampu membantu yang tidak mampu dan yang punya membantu yang tidak punya

“Berbagi pengalaman secara daring, berbagi kurikulum dan silabus, berbagi koleksi perpustakaan secara daring, berbagi dosen dan perkuliahan secara daring, untuk maju bersama, memajukan seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia,” tutur Presiden.

Kedua, Presiden mengajak para rektor dan FRI untuk memfasilitasi mahasiswa agar bisa belajar kepada siapa saja.

Kepala Negara menegaskan agar mahasiswa tidak hanya belajar kepada dosen tetapi  juga pelaku industri, wirausahawan, praktisi pemerintahan, praktisi hukum, dan para pelaku lapangan lainnya.

“Agar mahasiswa bisa menangkap perubahan yang dinamis, perubahan dunia yang dinamis, yang dipicu oleh disrupsi dan hiperkompetisi yang terjadi sekarang ini,” ujar Presiden.

Di era disrupsi dan hiperkompetisi sekarang, Presiden menjelaskan bahwa dunia berubah sangat cepat, banyak hal yang belum sempat dibukukan sudah berubah di lapangan.

“Banyak karakter kerja yang tidak bisa ditangkap hanya melalui membaca tetapi harus melalui mengalami pengalaman nyata. Itulah pentingnya memerdekakan mahasiswa agar bisa belajar kepada siapa saja,” tuturnya.

Ketiga, Presiden mengajak perguruan tinggi lebih aktif bekerja sama dengan industri, termasuk kerja sama dengan kawasan industri terdekat.

Sumbersetkab.go.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm