Es Dawet Telasih di Pasar Gede Solo
Es Dawet Telasih di Pasar Gede Solo ( Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya )

Alternatif Jajanan Di Kota Solo Jawa Tengah Yang Wajib DiCoba

7 Juli 2020 14:15 WIB

SonoraBangka.id - Indonesia adalah Negara yang kaya akan Kulinernya. Setiap daerah memiliki makanan khas yang beraneka ragam. Setiap mengunjungi suatu daerah ketika berwisata salah satu yang dicari adalah kulinernya. Tak jarang karena kuliner yang bervariasi yang ada di daerah di Indonesia menjadi alasan untuk orang travelling.

Terkadang ketika sudah kenyang,  tetapi masih ingin jajan camilan. Wisata kuliner tak selalu harus mencari makanan berat. Solo, Jawa Tengah, salah satu daerah yang  banyak alternatif jajanan atau makanan ringan. Tempat jajan camilan di Kota Solo ini punya variasi menu berbeda, mulai dari kue sampai es, berikut rekomendasinya: 

1. Serabi Solo Notosuman

Camilan yang terbuat dari adonan tepung beras dan santan ini tidak disajikan dengan kuah kinca seperti halnya surabi khas Bandung. Serabi khas Solo digulung dan teksturnya lebih lembut. Serabi yang terkenal di Solo adalah Serabi Notosuman yang terletak di Jalan Moh Yamin Nomor 28 (sebelumnya bernama Jalan Notosuman). Sejak tahun 1923, serabi notosuman sudah terkenal. Wisatawan menjadikan serabi lembut dengan pinggiran renyah ini sebagai oleh-oleh dari Solo. Harga satu porsi serabi polos (isi 10) dihargai Rp 20.000, sedangkan rasa cokelat Rp 25.000. Toko Serabi Notosuman buka dari pukul 05.00-16.00 WIB.

2. New Es Krim Tentrem

New Es krim tentrem adalah kedai es krim legendaris yang ada di Solo. Kedai ini menjual produk-produk es krim home made atau buatan tangan dengan varian rasa andalannya tutti fruitty, rum 'n coffee, robin rose, dan rainbow. Ketika di Solo, Anda bisa meluangkan waktu untuk datang ke kedai es krim yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Nomor 132. Jam operasional pukul 10.00 – 21.00 WIB.

3. Es Dawet Telasih Bu Dermi Pasar Gede


Es Dawet Telasih Bu Dermi adalah tempat untuk jajan es dawet khas Solo. Kios es ini terletak di dalam Pasar Gede dan sudah buka sejak 1930an.  Es Dawet Telasih Bu Dermi termasuk dalam daftar tempat wisata kuliner yang enak dan murah di Solo. Semangkuk es yang berisi bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji selasih dihargai kisaran Rp 5.000. Kios es ini buka dari pukul 08.00-15.00 WIB.

4. Tahok Pak Citro Pasar Gede

Tempat jajan camilan lainnya yang terletak di komplek Pasar Gede ialah Tahok Pak Citro. Di daerah lain Tahok dikenal dengan nama kembang tahu.  Hidangan ini berupa tahu halus berkuah campuran air, gula dan rempah. Pak Citro sudah berjualan Tahok sejak tahun 1968. Pak Citro biasanya mulai berjualan pukul 06.00  WIB. Gerobaknya ada di pinggir Pasar Gede yang menjual buah-buahan.

5. Wedang Dongo Pak Untung

Wedang Dingo Pak untung sudah ada sejak 1955. Di warung ini, kamu bisa menikmati hidangan wedang yang autentik. Menu wedang (air rebusan jahe) di warung ini disajikan dengan berbagai varian. Ada sekoteng, asle, dan wedang dongo ( wedang ronde). Wedang Dongo Pak Untung beralamat di Jalan RE Martadinata Nomor 118. Wedang Dongo Pak Untung buka sedari sore tepatnya dari pukul 15.00-22.30 WIB. 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tempat Jajan Camilan Legendaris di Solo, dari Es Krim Sampai Wedang", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/07/123006475/5-tempat-jajan-camilan-legendaris-di-solo-dari-es-krim-sampai-wedang?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm