Ilustrasi
Ilustrasi ( )

Cara Pengemasan Frozen Food Yang Baik Agar Kondisi Makanan Terjaga

8 Juli 2020 15:39 WIB

SonoraBangka.id - Pengemasan frozen food yang baik agar kondisi makanan terjaga dengan baik  adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan bagi anda yang ingin memulai bisnis frozen food. Hal lain yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah cara. Menyimpan makanan di dalam freezer memerlukan cara yang berbeda dari sekadar menyimpan makanan dalam suhu ruang atau kulkas chiller.

Seperti yang disampaikan oleh Astri Putri Ardi, owner brand frozen food Hoki Foods  bahwa packaging nya harus rapat dan aman. “Kalau frozen kan supaya dia tahan lama jadi packaging harus aman dan rapat. Kalau enggak benar nanti dia enggak akan tahan lama. Takutnya mengubah cita rasanya juga jadi enggak sesuai yang diharapkan,” Maka dari itu, anda  harus memastikan kemasan frozen food kedap udara. Anda bisa menggunakan kemasan apa pun, mulai dari kotak makanan plastik atau pun plastik kemasan makanan pada umumnya.

Untuk pengemasan dengan kotak makanan plastik, anda  bisa memberi lakban di sekeliling kotak pengemasan khususnya di celah penutup antara tutup kemasannya untuk memastikan tak ada udara yang keluar. Selain itu, setelah makanan selesai diolah dan suhunya sudah cukup dingin, langsung kemas dengan rapi dan simpan di dalam Apa pun kemasan yang digunakan, pastikan saja kedap udara. Jika anda  punya mesin vacuum, bisa juga melakukan vacuum pada kemasan frozen food agar memastikan benar-benar kedap udara. “Kalau enggak di-vacuum juga enggak apa-apa. Kalau vacuum itu lebih aman di perjalanan saja. Dikirim ke customer yang agak jauh kalau vacuum itu mengurangi resiko barang rusak,” papar Astri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bekukan Makanan dengan Baik untuk Jualan Frozen Food", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/08/144621575/cara-bekukan-makanan-dengan-baik-untuk-jualan-frozen-food.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm