Ilustrasi Brownies Kukus
Ilustrasi Brownies Kukus ( sajiansedap.grid.id)

Tips Agar Brownies Lembut Dan Tidak Bantet

8 Juli 2020 20:14 WIB

SonoraBangka.id - Brownies sering disebut dengan kue bantet. Kue ini bisa dikukus atau dipanggang. Meski disebut kue bantet, brownies yang enak tentu saja harus lembut. Brownies dijamin enak dan sukses layaknya buatan bakery jika sudah lembut.

Ada 2 kesalahan yang ternyata menyebabkan brownies tidak bisa lembut. Mungkin brownies lembut sangat hangat, tapi mengeras keras setelah dingin. Tentunya rasanya tidak enak Kalau sudah keras, lalu bagaimana suapaya hal itu tidak terjadi? Berikut tipsnya yang bisa anda coba di rumah.

1. Loyang yang Digunakan Terlalu Lebar

Loyang yang biasa digunakan digunakan untuk brownies adalah yang berbentuk persegi panjang. Kemudian ukurannya pun juga sudah tertera pada resep yang biasanya sudah disesuaikan dengan lebar loyang yang digunakan. Hasil brownies bisa jadi keras, kalau loyang yang digunakan terlalu lebar, Hal itu disebabkan oleh adonan yang tersebar lebih lebar. Kalau sudah begitu, tekstur brownies bisa jadi lebih tipis dan mengeras.

2. Proses Pengovenan yang Terlalu Lama

Selain itu, ikuti dengan seksama suhu yang digunakan untuk memanggang brownies pada resep. Idealnya, pengovenan brownies menggunakan suhu 180 derajat Celsius selama 30 menit. Kalau suhu dikurangi, maka pengovenan akan lebih lama dan membuat brownies jadi keras. Setelah matang, kita bisa mengecek kematangan brownies dengan menusuknya menggunakan lidi. Pada bagian inilah kita sering tertipu dengan melihat bagian tengah yang seakan belum matang karena masih basah.

Nah, kesalahan yang sering dilakukan adalah memasukkannya lagi ke dalam oven. Padahal hal itu tidak perlu. Pasalnya, kalau dimasukkan lagi, brownies bisa jadi mengeras. Kalau hal itu terjadi, biarkan saja brownies sejenak di suhu ruang dan brownies akan mengeras dengan sendirinya.


Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Sering Tak Disadari, 2 Kesalahan yang Membuat Brownies Jadi Keras dan Bantat, https://bali.tribunnews.com/2020/07/07/sering-tak-disadari-2-kesalahan-yang-membuat-brownies-jadi-keras-dan-bantat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm