Ilustrasi Tempoyak
Ilustrasi Tempoyak ( seputarbaturaja.blogspot.com)

Tempoyak Makanan Khas Rumpun Bangsa Melayu, Digunakan Sebagai Bumbu Masakan Di Jambi

9 Juli 2020 12:20 WIB

SonoraBangka.id - Tempoyak adalah bumbu masakan berbahan dasar durian matang yang difermentasi dengan sedikit garam. Jambi adalah daerah dengan pesona cita rasa masakan khasnya tidak terlepas dari tempoyak.Tempoyak di Jambi ini menarik untuk ditelusuri karena tak cuma jadi sambal cocol, tetapi juga jadi bumbu masakan.Cita rasa asam, manis, gurih dari bumbu ini memberi rasa khas pada setiap hidangan Jambi.


Buah durian banyak tumbuh dan dimiliki oleh masyarakat Jambi. Saat masa panen tiba, durian berguguran dalam jumlah yang banyak, sehingga akan memenuhi stok untuk dijual. Bagi pemilik durian, jumlah tersebut sudah berlebih untuk dikonsumsi sendiri.Dikutip dari buku berjudul “ Makanan: Wujud Variasi Dan Fungsinya Serta Cara Penyajiannya Pada Orang Melayu, Jambi" (1994) oleh Bujang Ibrahimm diterbitkan oleh Depdikbud, dijelaskan bahwa masyarakat Jambi mengandalkan alam sekitar untuk bahan makanan mentah. Guna memanfaatkan buah durian tersebut, mereka memfermentasi durian menjadi tempoyak.

Tempoyak bagi orang jambi digunakan sebagai bahan penyedap masakan.
Masakan berbumbu tempoyak disajikan untuk masakan sehari-hari maupun untuk hidangan di momen khusus, seperti hajatan dan pesta pernikahan. Berdasarkan sejarah dalam Hikayat Abdullah, tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu. Suku melayu di Indonesia ini berada di Kalimantan dan Sumatera termasuk Jambi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Durian Fermentasi Orang Melayu, Tempoyak", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/08/220200075/mengenal-durian-fermentasi-orang-melayu-tempoyak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm