SONORABANGKA.ID - Menggunakan kontainer yang dibuat khusus, Motor MotoGP dikirim dari satu sirkuit ke sirkuit lainnya secara utuh. Namun demikian, untuk merakit motor MotoGP, setiap tim memiliki komponen cadangan yang bisa digunakan.
Hal tersebut dilakukan kalau terjadi masalah pada motor utama, tim balap masih memiliki cadangan satu motor lagi yang bisa dirakit atau dibangun dalam waktu beberapa jam saja.
Pada saat merakit semua komponennya, kuncinya adalah presisi. Semua harus sempurna demi meraih hasil terbaik.
Dikutip dari sumber BoxRepsol.com, untuk menyatukan semua komponen tersebut tentunya membutuhkan orang yang ahli.
Untungnya, sebagian besar komponen sudah siap dirakit. Contohnya, bagian mesin, beberapa komponen pada sistem pengereman, bahkan kabel-kabel juga sudah tersambung. Sehingga, proses perakitannya menjadi lebih mudah.
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan secara berurutan.
Langkah Pertama: Rangka dan Swingarm
Titik mulanya memang rangka, dari rangka ini semuanya disatukan. Langkah pertama adalah menyatukan rangka dengan swingarm. Setelah itu, dilanjutkan dengan kaliper rem belakang.
Bagian footstep, tuas rem, dan tuas persneling juga mulai disatukan. Berikutnya, memasukkan rantai melalui swingarm. Setelah itu, giliran monoshock yang disatukan.
Langkah Kedua: Merakit Bagian Depan