Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com/ GARRY LOTULUNG)

Kabar Terbaru, WHO Resmi Nyatakan Virus Corona Menyebar di Udara

10 Juli 2020 13:00 WIB

SonoraBangka.ID - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dua hari yang lalu mengakui bukti-bukti penyebaran virus corona (Covid-19) di udara atau airborne.

Selanjutnya pada Kamis (9/7/2020), WHO resmi mengeluarkan pernyataan bahwa virus corona bisa bertahan lama di udara dengan kondisi ruang tertutup dan ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain.

Hal tersebut disampaikan WHO dalam rilis resmi berisi 10 halaman yang dapat dibaca di link ini.

Pada mulanya, WHO pun meragukan bentuk penularan ini. Namun, semakin banyak bukti ilmiah dan anekdotal yang menunjukkan penularan Covid-19 bisa melalui udara.

Baca Juga: Begini Aturan Makan Dan Minum Di Pesawat Saat New Normal !!

Sementara itu, minggu ini ada sebanyak 239 ilmuwan membuat surat terbuka yang isinya mendesak WHO agar meninjau kembali penelitian dan merevisi rekomendasinya.

Berdasarkan informasi, sebelumnya dikabarkan bahwa penularan Covid-19 hanya terjadi melalui kontak langung seperti sekresi dari orang yang terinfeksi, misalnya air liur, melalui droplet atau percikan pernapasan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, berbicara, atau bernyanyi.

Kontak langsung adalah seseorang yang melakukan kontak fisik atau berada di 1 ruangan dalam jarak 1 meter dengan kasus PDP atau Positif Covid-19.

Selain itu, kontak tidak langsung yang melibatkan benda atau permukaan yang terkontaminasi juga kemungkinan dapat menularkan virus.

Akan tetapi, kabar terbaru belakangan ini menyebut bahwa WHO menyatakan virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 bisa menular lewat udara atau airborne.

Transmisi melalui udara WHO resmi menyatakan bahwa penularan bisa terjadi melalui udara.

Dalam pernyataan resminya, WHO mendefinisikan penularan melalui udara sebagai penyebaran agen penular yang disebabkan oleh penyebaran aerosol yang melayang di udara dalam jarak dan waktu yang lama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pernyataan Resmi WHO, Virus Corona Menyebar di Udara dan Menular", https://www.kompas.com/sains/read/2020/07/10/091406523/pernyataan-resmi-who-virus-corona-menyebar-di-udara-dan-menular.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm