knalpot berkarat
knalpot berkarat ( (Kompas.com/Fathan) )

Knalpot Motor Yang berkarat Jangan Dibiarkan Berlama lama

10 Juli 2020 17:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Boleh jadi hal biasa, Leher knalpot berkarat pada sepeda motor. Walaupun demikian, ada baiknya segera dibersihkan, karena kalau dibiarkan berlama-lama bisa membuat knalpot bocor.

Dikatakan Adih, dari kepala bengkel Yamaha Mekar Motor Bintaro, kalau knalpot sudah bocor maka apa yang terjadi, yang terjadi adalah akan menyebabkan kerja mesin jadi lebih berat dan pendinginan kurang maksimal.

“Ketika knalpot bocor, biasanya sirkulasi pendinginannya kurang stabil, jadi power mesin lebih berat dan panas,” kata Adih saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dari kepala bengkel Yamaha Mekar Motor Bogor, Hilman, menambahkan, kalau knalpot yang bocor tidak diganti, dapat merusak komponen lain seperti busi, klep, dan paking knalpot. Hal itu disebabkan oleh gas buang yang langsung keluar tanpa melewati penyaringan menyebabkan penumpukan kotoran.

“Selain bisa ada kotoran, air bisa masuk juga ke ruang mesin melewati lubang dari bocor di knalpot,” kata Hilman.

Karat biasanya terjadi pada leher knalpot karena bagian itu sangat panas. Ketika bagian tersebut mendingin lalu terkena udara, oksigen serta air membuat bahan metal jadi mudah berkarat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Sepelekan Knalpot Motor yang Berkarat", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/10/144500115/jangan-sepelekan-knalpot-motor-yang-berkarat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm