Ilustrasi mengisi BBM Kendaraan Roda Dua
Ilustrasi mengisi BBM Kendaraan Roda Dua ( Kompas.com/ Ruly)

Pengendara Motor Harus Turun Saat Mengisi Bensin, Ini Alasannya

11 Juli 2020 10:40 WIB

SonoraBangka.ID - Pada dasarnya, ada beberapa prosedur yang harus dipatuhi ketika sedang melakukan pengisian bahan bakar minyak, termasuk di SPBU.

Salah satunya yaitu, untuk pengguna sepeda motor, sebaiknya harus turun dari kendaraan saat pengisian BBM berlangsung.

Supervisor SPBU COCO Pertamina MT Haryono, Hendro Sihombing menuturkan, hal tersebut dilakukan sebagai upaya penanganan pertama jika muncul api saat sepeda motor sedang diisi bensin.

"Kewajiban sepeda motor harus distandar dan pengemudinya turun ketika sedang isi bahan bakar untuk menghindari penyebaran api akibat bensin tumpah dan lain sebagainya, sehingga terjadi hal yang tak diinginkan," kata Hendro seperti dikutip SonoraBangka.ID dari Kompas.com.

"Sebab, ketika ada percikan api umumnya pemilik akan panik dan meninggalkan atau menjatuhkan motor segera. Perilaku seperti ini yang ingin dihindari, karena potensi api tambah besar dan menyebar," imbuhnya.

Berbeda jika motor berdiri pakai standar dan pemiliknya turun dari motor.

Seandainya ada kebakaran, pemilik hanya lari meninggalkan motor di tempat tapi api tidak menyebar. Penanganannya pun bisa lebih cepat.

Prosedur turun dari motor ini berlaku untuk seluruh jenis kendaraan roda dua meskipun kini sudah ada beberapa skutik yang lubang tangki bensinnya tidak berada di bawah jok.

"Jangan menyepelekan sesuatu yang sudah menjadi prosedur keamanan walau kini sudah ada beberapa motor yang tangkinya di bagian depan yang memungkinkan pengemudi tak perlu turun ketika mengisi bensin," ungkap Hendro.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Pemotor Harus Turun saat Isi Bensin di SPBU",

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm