Ilustrasi santan
Ilustrasi santan ( alicjane)

Tips Dan Trik Untuk Menyimpan Santan Dengan Baik Agar Tidak Mudah Basi

11 Juli 2020 15:00 WIB

SonoraBangka.id - Kelapa parut untuk santan adalah salah satu  bahan yang sering digunakan untuk bahan masakan sampai bahan untuk membuat kue.  Sebagian orang membuat santan dengan cara merendam kelapa parut dengan air biasa, memerasnya, baru memasaknya dengan api kecil. Untuk mendapatkan hasil santan yang segar tentunya  anda harus cepat menggunakannya agar tak cepat basi setelah  membeli nya.  Executive Sous Chef Shangri-La Hotel Jakarta, Rizky Wijatmoko menyampaikan beberapa tips dan trik untuk menyimpan santan dengan baik agar tidak mudah basi yang bisa anda praktekkan di rumah :

Pertama,  Kelapa parut yang kualiatasnya bagus adalah kelapa parut yang bersih dan benar-benar terpisah dengan kulitnya  sehingga untuk mendapatkan sangan kualitas bagus lebih baik pilih kelapa parut yang juga memiliki kualitas baik pula. Seperti yang disampaikan  Executive Sous Chef Shangri-La Hotel Jakarta, Rizky Wijatmoko bahwa  Perbandingan santan dengan air bisa disesuaikan dengan keperluannya. Kalau mau mendapat santan yang kental perbandingannya adalah 1:1 dengan air.

Cara memasak santan bisa dikukus terlebih dahulu, kemudian dinginkan dan simpan di dalam kulkas “Ini bisa dilakukan dengan cara kita masak dulu sampai suhu diatas 63 derajat Celcius selama 15 menit. Lalu kita cooling down sampai di suhu dibawah 5 derajat Celcius baru bisa kita simpan di kulkas,” papar Rizky.

Pada saat  dipanaskan lebih baik panaskan dengan terus diaduk  dan terus menjaga suhu panasnya karena Santan adalah bahan makanan yang mudah pecah. Setelah santan dididihkan Anda  bisa mendinginkannya dengan cara berikut  ini  sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.:

  • Masukkan santan yang sudah direbus ke dalam wadah seperti almunium.
  • Lalu siapkan wadah yang berbeda dan masukan es batu di dalamnya.
  • Kemudiankan taruh wadah yang berisi santan di atas wadah yang berisikan es batu.
  • Dinginkan sampai suhu dibawah 5 derajat Celcius baru bisa disimpan di kulkas.
  • Jangan sampai santan dibiarkan dan didiamkan disuhu ruang lebih dari 2 jam

Jika sudah taruh santan pada sebuah wadah dan tutup rapat, kemudain diberi stiker penanda waktu. Santan bisa disimpan di dalam freezer dan bertahan lebih dari 1 bulan “Kalau santan banyak lebih baik dibedakan wadahnya agar lebih cepat dinginnya,” jelasnya. Namun tidak  sarankan menyimpan santan terlalu lama karena bisa mengurangi rasa santan. Santan yang langsung disimpan di dalam kulkas akan rawan rusak dan rasanya asam. “Kita bisa simpan di kulkas dua hari. Tapi saya sarankan satu hari saja karena ini high risk items,” paparnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Simpan Santan Segar agar Awet", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/11/090700975/tips-simpan-santan-segar-agar-awet.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm