Ilustrasi telur asin
Ilustrasi telur asin ( Shutterstock)

Telur Asin, Khazanah Kuliner Indonesia Sejak Lama, Ini Sejarahnya

11 Juli 2020 20:26 WIB

SonoraBangka.id - Sejarah telur asin bisa dirunut jauh hingga masa kolonial sekitar awal abad ke-20. Telur asin telah lama jadi bagian dari khazanah kuliner Indonesia. Seperti yang diungkapkan  oleh Heri Priyatmoko selaku sejarawan bahwa telur asin merupakan hasil kreativitas masyarakat pesisir pulau Jawa dalam mengolah garam yang berlimpah di sekitar mereka. Karena di pesisir  banyak sekali usaha tambak garam. “Kalau hanya telur saja enggak cukup. Heri juga menambahkan  mereka mencoba untuk berkreasi, untuk variasi makanan

Catatan  soal telur asin di Indonesia cenderung sulit ditemukan sebelum  abad ke-20. Heri sendiri mengaku belum mengetahui pada abad berapa tepatnya telur asin mulai muncul di Indonesia. Tidak banyaknya catatan mengenai telur asin di Indonesia sebelum abad ke-20 dikarenakan telur asin bukanlah makanan yang biasa dikonsumsi oleh kalangan elit. Sebaliknya, itu menunjukkan telur asin biasa dikonsumsi oleh masyarakat pribumi kelas bawah.  

Telur asin memang cenderung punya bau yang khas dan cukup tajam. Bau tersebut tidak disukai oleh kalangan elit bangsawan dan pemerintah kolonial Belanda. “Kalau itu makanan elit, dia pasti tercatat. Kalau tidak ya itu memang makanan rakyat yang hidup di pasar tradisional,” tutur Heri. “Dia tidak pernah muncul dalam Rijstaffel, Kembel Bujono (pesta makanan besar elit Jawa). Tidak pernah hadir di situ, itu bisa ditafsirkan selain sebagai makanan rakyat, kedua karena dia baunya amis banget,” sambung dia.  

Telur Asin Di Dunia

Telur asin telah ada di dunia sejak lama sekali. Dilansir dari Michelin Guide Singapore, tidak ada catatan sejarah yang benar-benar menyatakan setua apa telur asin atau bagaimana awal mula kemunculannya. Telur asin pada dasarnya berasal dari kebudayaan China, dan dipercaya telah ada bahkan sebelum munculnya century egg atau telur abadi sajian khas China lainnya yang muncul di banyak cerita rakyat pada masa Dinasti Ming. Catatan paling awal yang menyebut soal telur bebek yang diasinkan ada di Qimin Yaoshu (Teknik Penting untuk Petani). Itu adalah sebuah catatan agrikultur China kuno yang berasal dari abad ke-5 masehi yang menyebut instruksi merendam telur bebek dalam air asin selama satu bulan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Telur Asin di Indonesia, Hasil Kreativitas Masyarakat Pesisir Zaman Kolonial", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/11/171700175/sejarah-telur-asin-di-indonesia-hasil-kreativitas-masyarakat-pesisir-zaman.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm