Ilustrasi mi instan ditambah kimchi.
Ilustrasi mi instan ditambah kimchi. ( SHUTTERSTOCK/GOWITHSTOCK)

5 Bahan Makanan Yang Membuat Sajian Mie Instan Lebih Bernutrisi

12 Juli 2020 20:29 WIB

SonoraBangka.id - Saat ingin makan tetapi tidak punya waktu, mi instan kerap menjadi pilihan banyak orang. sajian mi instan akan lebih bernutrisi kalau ditambah bahan makanan seperti sayuran. Melansir Healthline, mi instan diproses secara berlebihan, digoreng dengan minyak kelapa sawit, dan mengandung bumbu yang mengandung sodium. Selain itu, mi instan tidak memiliki antioksidan dan fitokimia yang cukup dan berdampak bagi kesehatan. Anda bisa mencampur mi instan dengan sayuran berikut ini agar lebih enak  dan sehat

1. Sayur dan seafood frozen

Beli frozen food cenderung lebih menghemat budget, terutama sayuran yang sedang tidak musim. Sayuran frozen cenderung lebih bernutrisi karena biasanya dipetik dan dibekukan saat masa puncak kesegaran. Jadi tak perlu khawatir, menstok sayuran atau seafood frozen. Anda bisa mencampur  mi instan dengan sayur dan seafood frozen. Caranya, tak usah pakai bumbu instan. Rebus mi, angkat dan tiriskan, lalu tumis dengan udang masak dan sayuran.

2. Kimchi dan tahu

Kimchi, biasanya dibuat dari sawi putih, mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan imunitas tubuh dan karotin.  Kimchi merupakan  kuliner fermentasi khas Korea, dikenal sebagai makanan probiotik yang mengandung bakteri baik dan bagus untuk sistem pencernaan. Cara membuatnya, masak mi instan dan masukkan potongan tahu. Dinginkan. Setelah itu, baru masukkan kimchi dan airnya sekalian untuk menambah rasa. Pastikan mi sudah selesai dimasak dan agak dingin, sebelum menambahkan kimchi. Pasalnya bakteri baik pada makanan probiotik akan mati kalau dimasak pada air mendidih. Agar rasanya lebih manatap pada malam sebelumnya, rendam potongan tahu dalam campuran bawang putih, minyak wijen, dan asam jawa. Biarkan semalaman. Pakai di kemudian hari.

3. Brokoli dan telur

Telur mengandung vitamin B yang penting bagi sistem saraf. Sementara brokoli mengandung vitamin C yang membantu kita mengatasi stres terutama kegelisahan . Membuat  mi instan rasanya  memang lebih  afdal kalau ditambah telur, baik itu direbus bareng maupun direndam dulu dengan bumbu lain.. Cara membuatnya mudah. Rebus dulu telur dalam panci berisi air, aduk kuning telur untuk menambah rasa. Campur dengan mi instan. Andapun  pun bisa menyiapkan telur rebus setengah matang untuk camilan. Makanan ini bisa tahan selama 2-4 hari jika disimpan dalam wadah tertutup rapat.

4. Wortel dan edamame

Wortel dan edamame dapat membuat tampilan mi instan lebih berwarna.  Selain menambah nutrisi  wortel dan edamame bisa juga jadi bahan makanan tambahan mi instan karena lebih enak dan sehat. wortel dan edamame mengandung protein. Pada resep ini, wortel diserut sehingga bentuknya seperti mi. Setelah itu, rebus sampai cukup empuk atau sesuai selera. Campurkan pada mi instan. Tambahkan biji edamame.

5. Bayam dan wakame (rumput laut)

Wakame atau rumput laut adalah sayuran bergizi baik untuk kesehatan tiroid dan mengandung protein lengkap dengan asam amino yang tak diproduksi badan kita. Membuat mi instan pakai bayam dan wakame, anda  akan menyantap sajian yang kaya mineral. Cara bikin mi instan bayam dan wakame, tak usah pakai bumbu instan. Campurkan 2 cup air panas, segenggam bayam, 2 sendok makan wakame, dan 2 sendok makan pasta miso. Kalau ingin lebih creamy, bisa tambahkan kacang mete. Miso adalah makanan probiotik, masak mi pada wadah terpisah dan tambahkan kaldu saat mi sudah matang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mi Instan Lebih Enak dan Sehat dengan 5 Sayuran Ini", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/12/171700375/mi-instan-lebih-enak-dan-sehat-dengan-5-sayuran-ini?page=2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm