Tidur
Tidur ( Shutterstock )

Hati - Hati Jika Anak Remaja Anda Sering Begadang. Bisa Terserang Asma !

13 Juli 2020 16:34 WIB

SonoraBangka.id - Para peneliti menemukan, bahwa remaja yang lebih suka begadang dan bangun siang hari lebih mungkin menderita asma dan alergi dibandingkan mereka yang tidur lebih awal.

Hal ini diperkuat dengan peelitian terbaru yag mengatakan pentingnya waktu tidur bagi remaja.

Oleh karena itu para orangtua agaknya perlu lebih memperhatikan waktu tidur anak remaja mereka.  

Gejala asma diketahui sangat terkait dengan waktu internal tubuh, namun penelitian yang diterbitkan dalam ERJ Open Research ini mengamati bagaimana waktu tidur individu memengaruhi risiko asma pada remaja.

Menurut para peneliti, studi ini memperkuat pentingnya waktu tidur untuk remaja dan membuka saluran penelitian baru tentang bagaimana tidur memengaruhi kesehatan pernapasan mereka.

"Tidur dan 'hormon tidur' melatonin diketahui memengaruhi asma, jadi kami ingin melihat apakah preferensi remaja untuk begadang atau tidur lebih awal punya keterlibatan dalam risiko asma mereka."

Begitu kata Subhabrata Moitra, peneliti dari University of Alberta, kanada.

Studi ini melibatkan 1.684 remaja yang tinggal di Bengal Barat, India, berusia 13-14 tahun, yang mengambil bagian dalam studi "Prevalence and Risk Factors of Asthma and Allergy-Related Diseases among Adolescents."

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm