Kepala sekolah SD Negeri 16 Pangkalpinang Junaida.
Kepala sekolah SD Negeri 16 Pangkalpinang Junaida. ( Bangkapos.com)

Guru Ini Akui Ada Beberapa Kendala Belajar Secara Online Jika di Bandingkan Dengan Tatap Muka Langsung

14 Juli 2020 14:44 WIB

SonoraBangka.id - Terdapat beberapa kendala dalam kegiatan belajar mengajar ( KBM ) secara online atau daring,Kendala yang dimaksud terutama mengenai anak-anak yang jadi kurang belajar.Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala sekolah SD Negeri 16 Junaida.

"Selama pandemi ini ada beberapa kendala, misalnya seperti anak yang kurang belajar, apabila di sekolah anak ini bisa kita bimbing secara langsung sampai dia memahami pembelajarannya. Kemudian kendala lain yang kita hadapi ini ada siswa yang tinggal sama neneknya, tidak punya hp, dan tidak bisa main hp sehingga tidak tau informasi dari sekolah," kata Junaida kepada Bangkapos.com.

Dikatakan Juraida Beberapa bulan pelaksanaan KBM online ini, sebagai guru dengan kondisi sekarang kami juga mencari solusi agar KBM online lebih efektif.

"Ini agar orang tua mudah, muridnya mudah dan kita guru juga bisa dengan mudah menjelaskan pembelajaran kepada siswa,"tambahnya.

Nuraidah berharap agar pandemi ini cepat berakhir sehingga aktivitas kegiatan belajar mengajar tatap muka bisa langsung terlaksana dengan normal.

Sementara Kendala yang sama juga dialami oleh guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Pangkalpinang, Ahmat Yamani mengungkapkan tidak semua anak sama mempunyai HP, terutama HP android.

"Jika pun punya HP, keterbatasan kuota dan jaringan yang kurang mendukung juga menjadi kendala pada sistem pembelajaran online ini. Tak hanya itu, orangtua pun ada yang mengeluh dengan KBM onilne ini,"ujarnya.

Ahmad Yamani menyebutkan pembelajaran secara online yang diterapkan pihak SMP 3 Pangkalpinang ini melalui Whatsapp group, google class room, dan lainya.

"Untuk kegiatan belajar online saya rasa kurang efektif, yang mana materi yang disampaikan mungkin sulit dipahami anak-anak jika dibandingkan tatap secara langsung," jelas Ahmat.

Dengan kondisi saat, Dia pun juga berharap agar pandemi ini cepat berakhir, sehingga aktivitas belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target kurikulum yang telah ditentukan.

Artikel ini telah tayang di Bangkapos.com dengan judul Guru di Pangkalpinang Ini Sebut Banyak Kendala KBM Online, Tidak Seefektif Belajar Tatap Muka.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm