Honda Genio (KOMPAS.com/Gilang)
Honda Genio (KOMPAS.com/Gilang) ( kompas.com)

Berhati-hati Dalam Menyimpan Benda Elektronik Ataupun Yang Bermuatan Listrik Di Bagasi

14 Juli 2020 19:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagian besar sepeda motor keluaran baru saat ini telah dilengkapi dengan bagasi atau ruang penyimpanan di bawah jok. Apalagi untuk tipe skutik, ukurannya terbilang lebih luas dari jenis motor lainnya.

Tentunya Anda bahkan bisa menyimpan berbagai barang, seperti helm, jaket, sarung tangan, toolkit, hingga benda-benda lainnya. Walaupun begitu, rupanya Anda harus lebih berhati-hati dalam menyimpan benda elektronik ataupun benda yang bermuatan listrik di bagasi.

Dikatakan Endro Sutarno, dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor, hal yang dikhawatirkan saat menyimpan benda elektronik adalah ketika benda tersebut terlempar-lempar di dalam bagasi.

Situasi ini bisa terjadi saat motor melaju di jalan yang tidak rata ataupun saat melewati polisi tidur. Oleh karena itu, menyimpan benda elektronik sebaiknya dilapisi kain ataupun jas hujan agar lebih terlindungi.

Bagasi motor saat ini aman untuk meletakkan benda-benda seperti smartphone atau powerbank,” kata Endro, kepada Kompas.com beberapa waku lalu.

Menurutnya, potensi terjadi kebakaran di dalam bagasi terbilang kecil. Terutama jika kondisi baterai tersebut masih dalam kondisi baik.

Bagasi motor itu paling panas suhunya 40 derajat celcius. Kemudian bagasi juga dilapisi karet, tujuannya agar tidak ada arus pendek dan mencegah uap bensin masuk ke dalam,” demikian kata Endro.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Boleh atau Tidak Simpan Ponsel dan Powerbank di Bagasi Motor?", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/14/130200515/boleh-atau-tidak-simpan-ponsel-dan-powerbank-di-bagasi-motor-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm