Cara menggenggam kemudi yang salah (Facebook Moko Al Juasof)
Cara menggenggam kemudi yang salah (Facebook Moko Al Juasof) ( kompas.com)

Tren Salah Berkendara Menggenggam Setang Motor Dengan Tangan Dibalik Yang Masih Gentayangan

16 Juli 2020 18:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Mengemudikan motor memang harus memiliki keahlian, tapi ada saja yang masih anggap sepele. Diantaranya, adalah tren salah berkendara dengan tangan terbalik yang masih gentayangan di jalan.

Perilaku ini salah dan sangat berbahaya!

Ada yang berasumsi jika menggenggam setang motor dengan tangan dibalik adalah bertujuan supaya tidak terkena sengatan matahari. Ada juga yang merasa lebih nyaman ketika awal mencoba cara tersebut.

Agus Sani, Dari Head of Safety Riding Wahana, mengatakan, berkendara tetapi memegang setang terbalik malah akan mendatangkan bahaya bagi pengendara. Kondisi seperti ini adalah disebabkan tangan yang tidak menggenggam dengan baik.

“Jika tangan dibalik, ketika motor masuk ke lubang, pegangan ke setang akan mudah terlepas,” demikian dikatakan Agus kepada Kompas.com, Rabu (15/7/2020).

Pada saat tangan terlepas dari setang motor, tentunya yang terjadi adalah sulit dikendalikan, bahkan pengendara dapat terjatuh dikarenakan kehilangan keseimbangan. Selain dari lemahnya pegangan ke setang, berkendara dengan tangan dibalik malah mempersulit pengereman.

“Ketika tangan dibalik, saat ingin menarik tuas rem, gas tidak tertutup secara maksimal, malahan bisa bertambah, ini yang membuat bahaya,” kata Agus.

Dikatakan Agus, menggenggam setang dengan benar berfungsi untuk menahan tangan agar tidak terlepas dari setang. Selain itu, pada saat melakukan pengereman juga disarankan agar menggunakan keempat jari.

“Mengerem dengan empat jari berfungsi agar telapak tangan bisa menutup gas secara sempurna. Sehingga putaran mesin akan berkurang dan membantu pengereman secara maksimal,” kata Agus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tren Salah Cara Pegang Setang Motor Masih Gentayangan", https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/16/112200515/tren-salah-cara-pegang-setang-motor-masih-gentayangan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm