Bayi baru lahir
Bayi baru lahir ( )

Apa Keuntungan Metode Kangaroo Mother Care untuk Bayi Baru Lahir ?

18 Juli 2020 15:00 WIB

SonoraBangka.id - Kangaroo Mother Care (KMC) adalah metode perawatan bagi bayi prematur yang dapat menjadi solusi. KMC pertama kali diperkenalkan lebih dari 30 tahun lalu di Bogota, Kolombia, untuk menggantikan fungsi inkubator. Selain dapat dilakukan di tempat tanpa fasilitas medis yang lengkap, metode ini terbukti mengurangi kecacatan dan kematian bayi prematur, serta membantu proses ASI eksklusif.

Metode kangaroo mother care umumnya bisa membantu bayi baru lahir merasa nyaman. Metode ini juga menawarkan banyak manfaat untuk bayi baru lahir, apalagi jika bayi lahir prematur.

Bagi para orangtua tentu kehadiran bayi akan membuka lembaran baru dalam kehidupan. Begitu juga untuk bayi kecil yang baru hadir ke dunia. Ia perlu menyesuaikan diri dengan kehidupan dunia, setelah sembilan bulan berada di dalam perutrahim yang penuh kehangatan. Karena itu, di masa awal kehidupannya, seringkali bayi masih membutuhkan kehangatan untuk membuatnya merasa nyaman.

Nah, untuk  ayah dan ibu sama-sama bisa melakukan metode ini. Caranya pun mudah, siapakan bayi tanpa busana kecuali popok, kemudian letakkan di dada kita, tutupi dengan selimut.

Saat ini banyak dokter dan bidan merekomendasikannya untuk bayi prematur maupun bayi yang lahir cukup bulan. Bidan bersertifikat Shellie Hawk, menjelaskan manfaat dari kontak kulit ke kulit dan menawarkan petunjuk langkah demi langkah untuk membantu orangtua dan bayi mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman ikatan yang luar biasa ini.

Bagaimana kangaroo mother care membantu bayi dan orangtua?

"Kelahiran adalah kejutan besar bagi bayi," kata Hawk. "Berlatih kangaroo mother care, terutama setelah bayi lahir, membantu memudahkan transisi bayi dari rahim - tempat yang hangat, nyaman, dan tenang ke dunia luar yang lebih dingin dan lebih keras."

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm