Merawat wiper kaca mobil (autofresh.net)
Merawat wiper kaca mobil (autofresh.net) ( kompas.com)

Saat Mengoperasikan Karet Wiper, Pastikan Dahulu Kondisinya Dalam Keadaan Basah

18 Juli 2020 17:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Walaupun dianggap sepele, Wiper merupakan komponen yang cukup vital pada kendaraan roda empat.

Perangkat penyeka air hujan serta kotoran ini gunanya adalah untuk menjaga visibilitas pengemudi saat berkendara dalam kondisi hujan.

Dengan adanya penghapus kotoran tersebut, maka pengemudi dapat lebih nyaman dan aman saat berkendara meskipun hujan deras mengguyur.

Sebagai perangkat yang memiliki fungsi cukup penting, sudah sewajarnya wiper juga harus dilakukan perawatan supaya bisa maksimal pada saat digunakan.

Adapun hal lainnya yang juga perlu adalah menghindari perilaku yang bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat pembersih kaca tersebut.

Didi Ahadi, dari Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM)  mengatakan, karet wiper sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus layaknya pada komponen kendaraan lainnya.

Hanya saja, pada saat akan mengoperasikannya juga harus dipastikan dahulu kondisi karet wipernya dalam keadaan basah.

Alasannya, jika kondisi kaca dan karet wiper kering justru bisa menyebabkan kerusakan baik pada karet wiper maupun pada kaca itu sendiri.

Hal ini disebabkan saat kendaraan digunakan untuk melakukan perjalanan otomatis bagian kaca maupun karet wiper terdapat kotoran.

Dalam keadaan tersebut kalau wiper langsung dioperasikan tanpa diberikan air untuk membasahi tentunya akan menyebabkan debu atau bahkan kerikil kecil yang menempel akan ikut tergesek pada bagian kaca.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm