Ilustrasi rolled ice cream atau es krim gulung yang biasa ditemui di Thailand dan Malaysia. Rolled ice cream adalah satu dari 12 jenis es krim populer di dunia.
Ilustrasi rolled ice cream atau es krim gulung yang biasa ditemui di Thailand dan Malaysia. Rolled ice cream adalah satu dari 12 jenis es krim populer di dunia. ( SHUTTERSTOCK/STUDIO PEACE)

Mengenal 12 Jenis Es Krim Di Hari Perayaan Es Krim Sedunia 2020

19 Juli 2020 14:33 WIB

SonoraBangka.id - Es krim merupakan hidangan manis dan dingin yang  mayoritas orang-orang dengan latar yang berbeda pasti menyukainya. Di berbagai daerah, es krim dibuat dari beragam bahan baku dengan ciri khas masing-masing dan nama yang unik. Bahkan warga Amerika Serikat punya hari es krim yang kini dirayakan masyarakat dunia. Es krim, biasa dikenal sebagai olahan berbahan dasar susu yang dibekukan. Namun, tahukah kamu bahwa bahan dasar es krim bukan hanya susu. Setidaknya 12 jenis es krim dari berbagai Negara yang dilansir dari Delish seperti  berikut ini :

1. Rolled ice cream

Rolled ice cream adalah jajanan pinggir jalan yang umum dijumpai di Thailand, Malaysia, Kamboja, dan Filipina. Es krim yang memiliki konsep menarik, yakni digulung. Hal yang lebih menarik lagi dari es krim ini adalah keseluruhan proses pembuatannya. Adonan cairan es krim dituang, kemudian diaduk seperti gerakan mencincang, dicampur dengan adonan seperti oreo dan stroberi, lalu es krim digulung sempurna berbentuk spiral. Keseluruhan proses itu hanya dilakukan dalam waktu sekitar dua menit.

2. Soft serve

Es krim ini memiliki tekstur sangat halus akibat dari udara yang dimasukan ke dalam adonan ketika dibekukan. Es krim klasik dari Amerika ini pertama kali dibuat pada 1930-an. Es krim ini tersedia dalam dua rasa, yaitu cokelat dan vanila. Lebih sering disajikan di dalam cone kemudian dicelup ke dalam cokelat atau diberi taburan meses warna-warni.

3. Frozen yogurt

Muncul pada tahun 1981Yogurt beku ini sangat populer di Amerika Serikat,. Frozen yogurt mirip seperti soft serve tetapi kandungan lemaknya lebih rendah dan memiliki rasa yang tajam.

4. Snow cream

Snow cream terbuat dari susu yang dibekukan menjadi es balok, kemudian diserut dan diberi topping boba, buah segar, kental manis, cokelat dan masih banyak lagi. Kamu bisa mendapatkan snow cream yang lezat dan manis di Thailand.

5. Gelato

Karena kandungan susu yang lebih banyak daripada krim dan diaduk dengan kecepatan rendah, sehingga sedikit udara yang masuk ke adonan membuat gelato memiliki bentuk lebih padat dari es krim standar di Amerika. Gelato yang berasal dari Italia ini juga tidak memakai telur di dalam adonannya sehingga rasa krim lebih kuat dan murni.

6. Kulfi

Kulfi memiliki tekstur tebal, padat dan tidak mudah meleleh, maka es krim ini lebih cocok dijadikan es stick . Es krim dari India ini lebih mirip seperti custard dibanding es krim lain. Es ini memiliki rasa cenderung gurih, dengan pilihan rasa unik seperti saffron, kapulaga, dan mawar.

7. Sorbet

Susu tidak dimasukkan ke dalam hidangan beku berbahan utama buah ini, sehingga teksturnya tekstur lebih padat dan rasanya lebih kaya dibanding es krim tradisional. Terkadang alkohol ditambahkan ke dalam resepnya untuk menurunkan suhu beku dan membuat teksturnya lembut licin. Selain di Amerika, sorbet juga dapat ditemukan di Inggris, Perancis, dan Australia.

8. Faloodeh

Es krim ini terlihat seperti mi gurih. Namun sebenarnya ini adalah es krim yang berasal dari Iran.  Faloodeh adalah hidangan mi beku yang sempurna disantap untuk menghalau panas.
Faloodeh berisi campuran air mawar, gula, dan air jeruk nipis serta mi beras.

9. DondurmaEs krim ini harus diaduk dan ditarik secara konsisten agar tetap lembut. Dessert yang berasal dari Turki ini berbeda dari es krim yang biasa kita lihat. Campuran es krim ini ditambah dengan tepung salep dan damar yang membuatnya kenyal hampir seperti permen jelly tetapi masih bisa dibentuk. Atraksi mengaduk dondurma yang ditampilkan para penjualnya juga menjadi daya tarik.

10. Granita

Granita berasal dari Sisilia, Italia. Hidangan penuh es ini merupakan campuran gula, air, dan berbagai perasa dari buah, kacang-kacangan dan rempah, stroberi, almond dan mint. Tekstur kristal Granita cocok dimakan dengan sendok dari cangkir atau mangkuk.

11. Mochi

Di Jepang, es krim kira-kira berukuran satu scoop dibungkus adonan beras yang lengket, disebut dengan mochi. Sehingga kamu bisa memakan es krim dengan tangan. Satu gigitan es krim mochi dijamin bisa membuat ketagihan orang yang memakannya. Mochi tersedia dalam berbagai rasa, seperti green tea, kacang merah, vanila, dan stroberi

12. Es Italia (Italian Ice)

Es Italia atau es air berbahan dasar dari buah yang dibuat dengan proses yang sama dengan es krim biasanya (membekukan bahan sambil diaduk ). Es krim Italia sering kali tertukar dengan sorbet dari Amerika. Es Italia campuran adonannya tidak mengandung susu, terkadang putih telur ditambahkan ke dalam adonannya. Karena itu, es Italia memiliki tekstur hampir halus, rasa es ini juga khas seperti lemon, ceri, raspberry, dan semangka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hari Es Krim Sedunia 2020, Yuk Kenali 12 Jenis Es Krim di Dunia", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/19/113100175/hari-es-krim-sedunia-2020-yuk-kenali-12-jenis-es-krim-di-dunia?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm