Ilustrasi sakura mochi, dessert khas Jepang dengan tampilan menarik.
Ilustrasi sakura mochi, dessert khas Jepang dengan tampilan menarik. ( SHUTTERSTOCK/NANA77777)

Mengenal 6 Wagashi Atau Dessert Tradisonal Khas Dari Jepang

19 Juli 2020 14:58 WIB

SonoraBangka.id - Jepang punya beragam jenis wagashi, yang rata-rata mengandung kacang merah. Di Indonesia cukup familier dengan mochi  dan juga dorayaki yang lebih dikenal sebagai kue kesukaan Doraemon. Keduanya adalah dessert tradisional khas Jepang yang disebut wagashi. Wagashi bercita rasa manis biasanya dinikmati sebagai pendamping minum matcha yang pahit. Melansir Spoon University, berikut ini dessert khas Jepang yang cocok dijadikan sebagai snack dan hidangan penutup yang sempurna.

1. Anmitsu

Terbuat dari agar-agar jeli. Anmitsu adalah parfait khas Jepang, Agar-agar dilarutkan di dalam air atau jus buah yang akan menghasilkan gelatin. Hidangan ini disajikan di dalam mangkuk dengan tambahan anko, kacang polong, dan aneka buah seperti peach, nanas, ceri, dan jeruk satsuma. Mochi, es krim dan buah-buah nontradisional seperti stroberi juga bisa disajikan bersama anmitsu.

2. Daifuku

Kue ini dibalur dengan pati jagung atau pati kentang agar tidak lengket. Daifuku adalah wagashi (kue manis) yang dibuat dari bola-bola mochi, biasanya diberi isian anko. Besar kue ini sekitar 3 cm atau sekitar ukuran telapak tangan. Daifuki punya aneka ragam isian yang berbeda, seperti stroberi, sweet cream, selai apricot, pure chesnut dan rasa terbaru ada kopi dan crème caramel.

3. Dango

Sebenarnya, Dango ini adalah wagashi (kue manis) yang dibuat dari mochiko, tepung beras mirip untuk membuat mochi. Kita lebih mengenal dango sebagai sebuah emoji. Dango disajikan dengan ditusuk menggunakan tusukan sate. Dango bisa dinikmati sepanjang tahun dengan jenis yang berbeda pada setiap musim. Jenis dango yang paling favorit adalah mitarashi dango yang diselimuti dengan sirup manis lengket.

4. Dorayaki

Dorayaki adalah pasta anko yang berada di antara dua pancake castella yang ditumpuk. Castella adalah jenis sponge cake yang dibawa dari Portugal ke Jepang pada abad ke 16. Model dorayaki terbaru saat ini berisi Nutella diantara tumpukan pancakenya

5. Sakura mochi

Sakura mochi adalah mochi berwarna pink yang diisi dengan pasta anko. Kemudian mochi dibungkus dengan bunga atau daun sakura. Kue ini biasanya dinikmati ketika musim semi dan juga sangat populer di hari Girl’s Day.

6. Taiyaki

Kue ini adalah pancake tradisional jepang yang dicetak berbentuk ikan. Taiyaki adalah hidangan yang banyak dijual dipinggiran jalan di Jepang. Versi tradisional taiyaki biasanya diisi dengan anko, namun sekarang kue ini divariasikan dengan isian custard, cokelat, ubi jalar, es krim, buah, bahkan rasa gurih seperti sosi, keju dan isian gyoza.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Wagashi alias Dessert Khas Jepang, Ada Mochi dan Dorayaki", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/19/132300675/6-wagashi-alias-dessert-khas-jepang-ada-mochi-dan-dorayaki?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm