Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menjalani balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020). (AFP/JAVIER SORIANO)
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, menjalani balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020). (AFP/JAVIER SORIANO) ( kompas.com)

Fabio Quartararo keluar sebagai juara untuk motoGP Jerez 2020

19 Juli 2020 20:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Akhirnya dilaksanakan di Sirkuit Jerez, Spanyol, setelah Absen hampir lima bulan, seri perdana MotoGP 2020 , Minggu (19/7/2020). Fabio Quartararo keluar sebagai juara setelah menaklukan perlawanan Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso.

Ini adalah kemenangan perdana yang diraih Quartararo di kelas MotoGP, atau sejak naik kelas di musim lalu.

Drama dialami Marc Marquez yang sempat memimpin jalannya balapan, dan harus terperosok ke gravel, hingga melorot ke posisi 16. Namun lama kelamaan Marquez merangkak maju hingga bisa berada di posisi tiga.

Sayangnya, pebalap Repsol Honda itu harus mengalami kecelakaan, di sisa balapan karena mengalami highside.

Adapun untuk Jalannya balap adalah di awali Fabio Quartararo yang kehilangan pole position dan tercecer di posisi kelima. Lap pertama dipimpin Maverick Vinales, disusul Marc Marquez dan Jack Miller yang menyodok diposisi ketiga.

Balapan Baru berjalan dua lap, aksi saling susul sudah terjadi antara Vinales dan Marc. Meski pada akhirnya di akhir lap tersebut Marc berhasil unggul dari Vinales dan mulai memimpin jalannya balap.

Di lap ketiga Marc membuat jarak 0,6 detik dari Vinales. Tapi tak lama Marc melebar hingga masuk gravel. Dia masuk tikungan terlalu cepat dan rebah sampai 67 derajat. Beruntung Baby Alien tidak jatuh karena menahan denagn dengkul, dan masih bisa meneruskan lomba tapi tercecer di posisi ke 16.

Tidak adanya Marc membuat Vinales memimpin balapan. Pertarungan kemudian terjadi memperebutkan posisi kedua antara Miller dan Quartararo. Pada lap kelima Quartararo berhasil menyalip Miller.

Usai menyalip Miller, rookie 2019 mengincar Vinales yang kini jauh di depan dengan selisih jarak nyaris satu detik. Tapi hal itu tidak lama. Penggunaan ban slik kompon lunak depan belakang tampak mempengaruhi Vinales.

Tak lama Quartararo kembali mendekati Vinales. Sampai akhirnya pebalap Spanyol itu melakukan kesalahan masuk tikungan terlalu cepat dan melakukan hard braking sehingga disalip Quartararo dan Miller.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm