Ilustrasi
Ilustrasi ( SHUTTERSTOCK.com/THAMKC)

7 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Berbelanja Di supermarket

20 Juli 2020 15:15 WIB

SonoraBangka.id - Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari biasanya kegiatan berbelanja bulanan seringkali dilakukan di supermarket. Tanpa sengaja barangkali kamu pernah melakukan kesalahan-kesalahan yang justru membuat pengeluaran belanja menjadi berlebih alias boros. Dirangkum dari The Kitchn, berikut ini tujuh kesalahan yang sering terjadi saat berbelanja di supermarket.

1. Berbelanja tanpa ada perencaan daftar belanja

Anggaran belanja yang sudah kamu persiapkan akan rusak ketika pergi berbelanja tanpa adanya perencanaan. Daftar belanjaan ini juga berguna untuk kamu mencatat pengeluaran bulanan secara lebih rinci. Lihat stok barang dirumah Sebelum pergi belanja, kemudian tulis daftar barang yang kamu utuhkan dan perlu dibeli. Sebab ketika orang belanja tanpa daftar biasanya akan jadi lebih impulsif.

2. Melakukan pembelian barang dengan jumlah yang tidak perlu

Sering kali kita lihat penawaran barang seperti beli satu gratis satu atau sebagainya ketika berbelanja di supermarket,  tahukah kamu jika membeli barang-barang dengan penawaran seperti itu bisa saja menjadi sebuah pemborosan? Meskipun penawaran tersebut  sangat menarik. Namun  terkadang barang yang kita beli itu jumlahnya melebihi kebutuhan harian kita, sehingga menjasi sia-sia.

3. Terlalu mengikuti selera personal saat berbelanja

Panduan buat Pemula Menurut Lapin seorang pakar keuangan, kamu kemungkinan besar akan membuang-buang makanan dan menjadi boros jika berbelanja makanan mengikuti selera makan orang yang pemilih. Tidak ada salahnya berbelanja mengikuti selera makan setiap anggota keluarga di rumah. Namun baiknya kamu jangan terlalu sering melakukannya. Sekadar untuk menyenangkan hati keluarga sesekali boleh atau jika berbelanja karena program diet, bisa dimaklumi.

4. Berbelanja saat sedang lapar

Penyebab utama pemborosan anggaran belanja adalah pergi berbelanja ketika perut lapar . Sebab ketika dalam keadaan lapar, semua makanan akan terlihat memikat bagi kamu. Sebaiknya isi perut dahulu di rumah sebelum pergi berbelanja.

5. Tidak memanfaatkan aplikasi toko (apps store)

Hampir semua toko saat ini memiliki aplikasi toko online. Banyak diskon yang ditawarkan di dalamnya. Kamu bisa memanfaatkan promo diskon tersebut, terkadang ada bonus poin yang bisa digunakan untuk belanja selanjutnya. Pengeluaran belanja pun akan berkurang.

6. Hanya membeli produk segar

Kamu bisa membeli bahan makanan segar di pasar dengan harga yang lebih murah ketimbang supermarket.

7. Kurang menjangkau rak bagian atas atau bawah

Sebaiknya kamu melihat rak-rak pajangan dari atas sampai ke bawah ketika berbelanja di supermarket. Supermarket mempunyai trik penjualan, yaitu mereka sering meletakkan barang-barang yang lebih mahal di posisi yang mudah dilihat oleh pengunjung. Padahal bisa saja ada barang serupa dengan merk yang berbeda memiliki harga lebih murah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Kesalahan yang Buat Belanja di Supermarket Jadi Lebih Boros", https://www.kompas.com/food/read/2020/07/19/190700875/7-kesalahan-yang-buat-belanja-di-supermarket-jadi-lebih-boros?page=all#page2.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm